Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Perbankan Sehat, Negara Kuat

Keluarnya Perppu itu memungkinkan perbankan merestrukturisasi kredit kepada para nasabahnya, untuk menghindarkan untuk menghindarkan gagal bayar

Perbankan Sehat, Negara Kuat
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
ILUSTRASI- Teller menghitung mata uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (7/4). Perekonomian global mengalami pukulan besar karena Pandemi Covid-19. Hampir semua sektor merasakan keterpurukan 

*Oleh Pengamat ekonomi Andrew Parengkuan

TRIBUNNEWS.COM - Perekonomian global mengalami pukulan besar karena Pandemi Covid-19. Hampir semua sektor merasakan keterpurukan itu.
Lalu, bagaimana dengan dunia perbankan? Seberapa jauh sektor perbankan kita terdampak krisis ini?

Masalah perbankan kali ini tidak bisa disamakan dengan krisis moneter di tahun 1998.

Saat ini kita lebih siap menghadapi krisis, terutama dalam hal pengawasan. Terbukti dengan adanya lembaga seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan banyak lagi.

Dengan demikian perbankan tetap berjalan sesuai dengan ‘rules’-nya.

Kondisi yang relatif baik ini terbukti dengan CAR (Capital Adequacy Ratio atau rasio kecukupan modal) Perbankan saat ini ada di angka 22.08 persen, menurut catatan April 2020.

Kondisi ini sangat berbeda dengan keadaan pada krisis tahun 1998 lalu di mana banyak bank yang CAR-nya di bawah 4 persen.

Perlu digarisbawahi langkah cepat pemerintahan Presiden Jokowi yang dengan sigap telah membuat rambu-rambu untuk sektor jasa keuangan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Presiden Jokowi telah merilis Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan/atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Keluarnya payung hukum berupa Perppu itu memungkinkan perusahaan perbankan segera merestrukturisasi kredit kepada para nasabahnya, untuk menghindarkan terjadinya gagal bayar.

Halaman
12
Editor: Yudie Thirzano
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas