Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Enam KRI Buatan dalam Negeri Perkuat Alutsista TNI AL

Kapal perang ini masuk jajaran TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AL.

Enam KRI Buatan dalam Negeri Perkuat Alutsista TNI AL
Dispenal
KSAL resmikan kapal perang baru milik TNI AL. 

TRIBUNNERS - Enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) produksi dalam negeri jenis Angkut Tank (AT) dan PC 40 M, kembali diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kapal perang ini masuk jajaran TNI Angkatan Laut (TNI AL) untuk memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AL.

Peresmian ini bertempat di Dermaga Ujung, Koarmada II, Surabaya, Senin pagi (7/12/2020).

Di samping meresmikan kapal, Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono juga mengukuhkan para Komandan KRI.

Baca juga: TNI AL Evakuasi Warga yang Terjebak Banjir di Lhoksukon Aceh Utara

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 5 Desember setiap tahunnya yang kali ini mengusung tema “Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju”.

Peresmian KRI dan pengukuhan Komandan KRI tersebut diawali acara delivery KRI dengan kegiatan sambutan Direktur Utama Galangan, pembacaan laporan pelaksanaan pembangunan kapal oleh Dansatgas dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan sambutan Kasal.

Dari enam KRI tersebut dua adalah jenis Angkut Tank (AT) yaitu KRI Teluk Kendari (TKD)-518 dan KRI Teluk Kupang (TKP)-519 yang akan memperkuat Satfib Koarmada III dengan spesifikasi teknis yaitu panjang keseluruhan (LOA) 117 M, lebar 16.40 m, tinggi 7.80 m, kecepatan maksimum 16 knots, endurance 20 hari, crew dan pasukan 476 orang, mampu mengangkut 15 unit tank BMP 3 F serta 1 unit Helikopter. Dua KRI ini produksi PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari.

Sementara empat KRI lainnya jenis Patroli Cepat (PC) 40 yaitu KRI Posepa (PSP)-870, KRI Escolar (ECL)-871 merupakan produksi PT Caputra Mitra Sejati Banten sementara KRI Karotang (KTG)-872 dan KRI Mata Bongsang (MBS)-873 merupakan produksi PT Karimun Anugerah Sejati Batam.

Baca juga: Satuan Posmat TNI AL Muara Sabak Amankan Tekstil dan Elektronik Ilegal, Negara Rugi Puluhan Miliar

Kapal yang memiliki spesifikasi teknis yaitu panjang 45.5 m, tinggi 4.25 m, kecepatan maksimal 24 knots, endurance 6 hari, akomodasi minimal 35 orang ini akan memperkuat jajaran Satrol Lantamal IX Ambon, Lantamal VII Kupang, Lantamal I Belawan dan Lantamal X Jayapura.

Para Perwira yang dikukuhkan sebagai Komandan KRI adalah Komandan KRI Teluk Kendari-518 Letkol Laut (P) Erpandrio Trio W, Komandan KRI Teluk Kupang-519 Letkol Laut (P) Suryai, Komandan KRI Karotang-872 Mayor Laut (P) Mochamad Ruwahendi, Komandan KRI Mata Bongsang-873 Kapten Laut (P) Andi Yudhatama, Komandan KRI Posepa-870 Mayor Laut (P) Karadona dan Komandan KRI Escolar-871 Mayor Laut (P) Robith Darius Shidqi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas