Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Guskamla Armabar Selamatkan 4 WNA Tenggelam

Gugus Keamanan Laut Armada TNI AL Kawasan Barat (Guskamla Armabar)Selamatkan 4 WNA Tenggelam

Editor: Bian Harnansa

Laporan Reporter Tribunnews Video, Hadi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Gugus Keamanan Laut Armada TNI AL Kawasan Barat (Guskamla Armabar) sekitar pukul 01.30 WIB Berhasil menyelamatkan KM Ngurah, yang merupakan kapal kayu dengan muatan 20 orang, terdiri dari delapan ABK dan 12 orang penumpang, yang tenggelam di sekitar perairan Selat Singapur sekitar pukul 20.00 WIB, Sabtu (14/3/2015) kemarin malam.

Bahkan dari 12 orang penumpang ini , sedikitnya ada empat orang warga negara asing (WNA) asal Amerika.

Kapal kayu KM Ngurah ini bertujuan ke Kepulauan Anambas dan Natuna propinsi Kepulauan Riau (Kepri), dimana setibanya disana 12 orang penumpang ini yang merupakan dari LSM Konservasi Nasional akan melakukan penelitian terhadap biota laut yang ada di dua daerah tersebut.

Namun belum lagi tiba, kapal yang bertolak dari Batam ini keburu bocor dan tenggelam. "Kejadiannya berawal sekitar pukul 20.00 WIB, saat itu kapal bocor dan air laut masuk kedalam kapal. Namun pompa air yang ada di dalam kapal tidak berfungsi dengan baik, sehingga kapal itu perlahan tengelam," kata Marc Crushmen Warga Negara Amerika dari LSM Konservasi Nasional, Minggu (15/3/2015).

Dari sanalah, mereka langsung meminta pertolongan menggunakan radiso sambungan satelit. "Kapal rencana ke kepulauan Nambas dan Natuna melakukan survei dari kementrian dan kelautan bersama DKP Kepri, untuk keaneka ragaman hayati laut di perairan itu," katanya.

Komandan Guskamla Armabar Laksamana Pertama Abdul Rasyid mengaku kejadian ini diketahui pihaknya sekitar pukul 21.30 WIB, dan dari informasi itu, dirinya langsung berkoordinasi dengan Guspur Lantamal Tanjungpinang. "Saat itu juga saya perintahkan empat kapal perang untuk melakukan penyelamatan," kata Laksamana Pertama Abdul Rasyid.

BERITA TERKAIT

Dan dari pertolongan itu, tambah Rasyid, pihaknya berhasil menyelamatkan 20 orang yang ada didalam kapal KM Ngurah tersebut. "Ada 20 orang, diantaranya delapan ABK dan 12 orang penumpang. Bahkan dari 12 penumpang itu, empat orangnya WNA asal Amerika," ungkap Rasyid.

Usai diselamatkan, ke 20 orang ini dibawa ke rumah sakit untuk menjelani pemeriksaan kesehatannya dan selanjutkan di bawa ke Lanal Batam untuk diperiksa.

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas