Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Veldbox, Bekas Benteng Pertahanan Jepang yang Terlupakan

Veldbox memiliki tinggi sekitar dua meter, berdiameter sekitar 1,5 meter, dengan ketebalan temboknya sekitar 35 centimeter.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Alexander Pattyranie

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Di antara bangunan permukiman di Kota Manado, tepatnya di Sario Dalam, Kelurahan Titiwungen Selatan Lingkungan I, Kecamatan Sario, terdapat bangunan tua dengan bentuk seperti tabung.

Bangunan tersebut disebut veldbox. Bangunan itu merupakan bekas benteng pertahanan Jepang saat mereka menjajah Indonesia.

Veldbox memiliki tinggi sekitar dua meter, berdiameter sekitar 1,5 meter, dengan ketebalan temboknya sekitar 35 centimeter.

"Ibu saya adalah satu di antara pekerja rodi di saat penjajahan Jepang. Jepang intervensi ke Indonesia pada tahun 1941 kemudian masuk Manado dan inilah dibuat veldbox untuk pertahanan melawan Belanda dan Portugis. Veldbox ini (keberadaannya) menyebar di Kota Manado. Para serdadu Jepang mengumpulkan orang tua hingga orang muda, ketika itu orang tua saya umur 21 tahun. Dipaksa oleh Jepang mengambil material di pantai, sungai, dan sebagainya," tutur Hartje Sumolang, warga setempat, saat ditemui Tribun di kediamannya, Jumat (15/5/2015).

Veldbox tersebut tersebar di banyak titik di Kota Manado dengan bentuk yang serupa. Seperti juga yang terdapat di Kelurahan Dendengan Dalam, Kecamatan Paal II.(*)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas