Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO: Pengunjung Bisa Sentuh Pesawat Tempur F16

Ketiga unit pesawat tempur ini dipamerkan untuk umum. Masyarakat pun berbondong-bondong datang ke tempat ini

Editor: Bian Harnansa

Laporan Wartawan Video Tribun Manado, Alexander Pattyranie

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado kedatangan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Dari amatan Tribun Manado, Minggu (14/6/2015), terdapat tiga unit pesawat tempur yang diparkir di Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Sam Ratulangi Manado.

Ketiga unit pesawat tempur ini dipamerkan untuk umum. Masyarakat pun berbondong-bondong datang ke tempat ini. Mereka berfoto ria berlatarkan pesawat tempur. Pasalnya, setiap pengunjung dibebaskan untuk menyentuh pesawat ini.

Menurut Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, kedatangan pesawat tempur ini, untuk pengamanan wilayah udara Indonesia khususnya di Sulawesi Utara (Sulut).

"Mulai kemarin kita kedatangan pesawat tempur Fighting Falcon, ini dalam rangka pengamanan wilayah udara nasional khususnya di Sulawesi Utara, sekaligus untuk pengamanan jalur alur laut kepulauan Indonesia yang berada di timur Sulut ini merupakan jalur memungkinkan terjadinya suatu tindakan ilegal, baik melalui laut maupun udara. Kalau ada pelanggar wilayah akan ditindak dengan pesawat tempur ini.
Di sela-sela kegiatan operasi tersebut, saya sebagai komandan, memanfaatkan kondisi ini sebagai sarana pembinaan potensi dirgantara untuk mencari minat para generasi muda di wilayah Sulawesi Utara sekaligus untuk memberikan gambaran rakyat Sulut biar tahu peran angkatan udara. Saya berkeinginan banyak putra-putra daerah Sulut bisa menjadi pengawal dirgantara yang bisa menjaga kedaulatan NKRI. Saya juga harap, rakyat Sulut semakin cinta sama angkatan udara, karena tanpa adanya angkatan udara maka wilayah udara ini tidak akan aman terhadap gangguan," tutur Kolonel Pnb Djoko Tjahjono SE, Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi.

Menurutnya, pameran ini akan berlangsung hingga Selasa, namun bisa saja diperpanjang, tergantung dari animo masyarakat. Semoga, keinginannya bisa terwujud, yakni putra-putra Sulut, bisa menjadi penerbang pesawat tempur ini.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Manado
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas