Tribun

Konflik PKS

Pimpinan DPR Belum Terima Surat Pemecatan Fahri Hamzah dari PKS

"Yang jelas saya baru baca di media saja dan kalau dari media tentu saya belum bisa jadikan patokan untuk memberikan komentar terhadap masalah itu."

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Mohamad Yoenus

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih belum menerima surat pemecatan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sehingga pimpinan DPR masih belum membahas mekanisme pergantian kursi Wakil Ketua DPR.

"Kalau ada surat masuk baru kita bahas. kalau tidak ada surat masuk menyangkut hal itu baru kita tidak bisa bahas," ujar Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom), kepada wartawan di kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/4/2026).

Malah pimpinan DPR RI dari Partai Golkar ini mengetahui kabar pemecatan koleganya di DPR itu dari media massa, belum ada pemberitahuan dari DPP PKS.

"Yang jelas saya baru baca di media saja dan kalau dari media tentu saya belum bisa jadikan patokan untuk memberikan komentar terhadap masalah itu," ungkapnya.

"Yang jelas itu masalah masih pada ranah internal. Kemudian pada ranah internal itu mengemuka ke media dan belum ada kaitan secara resmi dengan DPR," lanjutnya.

Pimpina parlemen masih belum menerima surat resmi pemecatan Fahri, sehingga masih belum bisa membahas nasib Fahri dan kursi Wakil Ketua DPR.

Meskipun PKS mengirimkan surat resmi, Akom menjelaskan bukan serta merta Fahri tercopot dari jabatan Wakil Ketua DPR, ada mekanisme sesuai UU MD3 yang harus dilewati di Parlemen.

"Ya engak bisa dong langsung copot. Segala sesuatu ada prosedurnya. Jadi ya kita setelah ada prosedur harus dijalankan dengan baik semuanya. Peraturan UU harus kita lalui dgn baik dan kita tidak bisa bertindak sewenang-wenang," katanya.

Setelah menerima surat prosesnya seperti apa?

"Yang jelas kalau menerima surat langsung saya baca," jawabnya. (*) 

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas