Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menyusuri Kebun Teh dan Tanjakan Sambalado Menuju Gunung Kencana

Keindahan alam di sana tak terbantahkan dapat memanjakan mata. Jalur pendakian di kelilingi kebun teh dan panorama pegunungan. Hawanya sejuk.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudhi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, CISARUA - Sebuah perkampungan bernama Kampung Lahan Cadangan jadi pintu masuk lokasi wisata Gunung Kencana, Bogor.

Keindahan alam di sana tak terbantahkan dapat memanjakan mata. Jalur pendakian di kelilingi kebun teh dan panorama pegunungan. Hawanya sejuk. 

Jarak dari perkampungan menuju pintu masuk pendakian Gunung Kencana tidak begitu jauh. Spanduk bertuliskan Selamat Datang di Wisata Alam Gunung Kencana akan menyambut Anda di pintu masuk.

Anda cukup membayar Rp 10 ribu saja untuk menaiki Gunung Kencana Ini.

Saat pertama kali memasuki Gunung Kencana, Anda akan disambut dengan Tanjakan Sambalado. Mmm... Nama yang terdengar unik.

Entah siapa yang menamai tanjakan tersebut sama seperti judul lagu milik pedangdut Ayu Ting Ting. Belum diketahui pula maksud dari penamaan Tanjakan Sambalado itu.

Tanjakan Sambalado ini cukup terjal dengan kemiringan yang cukup tajam. Anda harus menaiki ratusan anak tangga.

Dasar dari anak tangga masih berbentuk tanah dan akar, sehingga cukup licin. Anda pun harus berpegangan dengan kayu yang dipasang di kiri kanannya.

Dijamin Anda akan ngos-ngosan dan berkeringat saat mencapai akhir tanjakan Sambalado ini. Mungkin itulah alasannya disebut Tanjakan Sambalado.

Keringatnya sama seperti saat kita menyantap makanan dengan sambal. Pedasnya bikin ngos-ngosan dan berkeringat. 

Perjalanan pun dilanjutkan dengan melawati dua pos. Anda harus hati-hati karena kondisi jalanan cukup licin.

Setelah sekitar satu jam pendakian, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan indah dari puncak Gunung Kencana.

Di ketinggian 1803 meter di atas permukaan laut (MDPL), anda disuguhkan dengan birunya langit serta pemandangan Gunung Gede.

Konon, waktu yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan di Puncak Gunung Kencana ini ketika matahari terbit dan terbenam.(*)

Ikuti kami di
Editor: Willem Jonata
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas