Tribun

Gagal Panen, Petani Hibur Diri Ikut Lomba Tangkap Lele

Acara tersebut pertama kali digelar di Desa Talun, Tuban, dan menyedot ratusan penonton dari warga sekitar dan desa lain.

Editor: Willem Jonata

Laporan Wartawan Surya, Iksan Fauzi

TRIBUNNEWS.COM, TUBAN - Musim hujan yang datang lebih awal membuat petani padi di wilayah Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, gagal panen.

Namun, gagal panen bukan berarti harus selalu bersedih. Kamis (6/10/2016) sekitar pukul 14.00, para guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Hidayatul Ulum yang ada di Desa Talun menggelar acara unik.

Acara yang digelar untuk menghibur warga desa adalah Grebeg Suro dengan cara menangkap ikan lele.

Ratusan warga, mulai anak-anak hingga orang dewasa turut menjadi peserta menangkap ikan yang digelar di lapangan olah raga SMP tersebut.

Lapangan itu berada di depan gedung sekolah dan tak bisa dipakai untuk olah raga lantaran pada musim hujan ini selalu digenangi air, tingginya seperempat kaki orang dewasa.

Sebelum acara dimulai, para peserta telah berkerumun di pinggir lapangan. Mereka membawa kantong plastik untuk tempat menaruh ikan yang akan didapatkannya.

Setelah panitia beri aba-aba, seluruh peserta berlari menuju tengah lalu menyusuri pinggir lapangan untuk mencari ikan lele.

Tak mudah mendapatkan ikan lele. Mereka harus bersusah payah meraba dasar lapangan yang telah dipenuhi lumpur.

Acara tersebut pertama kali digelar dan menyedot ratusan penonton dari warga sekitar dan desa lain.

Teriakan dan sorak sorai peserta dan penonton menyemarakkan Grebeg Suro sore itu. Di bawah langit yang sedang mendung, peserta tak putus asa meski sedikit ikan yang didapatkannya.

Ketua Panitia Grebeg Suro, Kanang Khodim menuturkan, lomba menangkap ikan untuk menghibur para petani yang sedang mengalami gagal panen.

Pada tahun sebelumnya, hujan selalu datang pada bulan November, kali ini, hujan turun lebih awal sejak September.

“Ini sebagai hiburan agar para petani tak risau dengan kedatangan hujan lebih awal,” tutur Kanang Khodim, Ketua Panitia Grebeg Suro.(*)

Sumber: Surya
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas