Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gampang Lapar? Jangan-Jangan Ada yang Salah dari Menu Sahurmu!

Yuk, simak 4 rekomendasi menu sahur yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama!

Editor: Content Writer
zoom-in Gampang Lapar? Jangan-Jangan Ada yang Salah dari Menu Sahurmu!
Freepik
Jangan asal pilih menu sahur agar bisa kenyang sampai waktu berbuka puasa 

TRIBUNNEWS.COM - Tidak terasa umat muslim sudah dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan. Bulan puasa mengharuskan umat muslim untuk menahan lapar dan haus selama beberapa jam. 

Nah, karena itu kamu perlu memperhatikan pemilihan menu sahur agar kenyang lebih lama dan ibadah puasa menjadi khusyuk. Yuk, simak 4 rekomendasi menu sahur yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama!

1. Semur Kentang 
Makanan khas Betawi ini menjadi salah satu menu rekomendasi yang bisa dicoba saat makan sahur. Menu masakan ini bukan hanya mudah dibuat, namun juga bisa membuat perut lebih lama menahan lapar.

Pasalnya, kentang termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Tubuh mencerna karbohidrat kompleks lebih lama daripada karbohidrat sederhana. Selain itu, kentang juga mengandung banyak serat yang membantumu menahan nafsu makan yang berlebih.

2. Pindang ikan patin 
Pindang ikan patin merupakan makanan khas dari Palembang dengan rasa kaya bumbu sebab kuahnya memiliki rasa asam, pedas, dan manis dengan aroma yang khas dan berwarna. 

Selain rasanya yang kaya, pindang ikan patin juga dapat membantumu jadi kenyang lebih lama. Ikan merupakan sumber yang baik dari protein dan lemak, khususnya dalam bentuk asam lemak omega-3.

Berkat kandungan tersebut, ikan dapat membantu menahan nafsu makan dan membuatmu kenyang hingga seharian.

BERITA TERKAIT

Oh iya, buat kamu yang kurang suka dengan ikan patin enggak perlu khawatir karena dalam proses pembuatannya, pindang Palembang ini tidak hanya terpaku pada penggunaan ikan patin, saja. 

Penggunaan ikan patin dapat diganti oleh ikan lain seperti ikan belida, ikan gabus, ikan baung, bahkan udang, selama ikan tersebut adalah ikan yang berasal dari sungai.

3. Jus alpukat
Minuman jus alpukat ini bukan hanya cocok disantap pada saat berbuka puasa saja namun juga cocok sebagai menu sahur. Alpukat merupakan salah satu buah tinggi serat sehingga bisa membantumu kenyang lebih lama. 

Makan setengah buah alpukat saat sahur bisa membuat kamu merasa kenyang hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Selain mengenyangkan, alpukat juga kaya akan lemak. Sebagian besar lemak pada alpukat merupakan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, kamu enggak perlu khawatir naik berat badan saat Lebaran mendatang.

4. Tumis bakso brokoli
Saat kamu kesiangan sahur dan bingung mau masak apa untuk makan sahur, tumis bakso brokoli bisa jadi solusinya. Tumis bakso brokoli merupakan menu simple dan cepat dimasak saat sahur

Meskipun simple dan mudah, menu ini tetap dapat membantumu kenyang lebih lama karena brokoli termasuk ke dalam sayuran rendah pati. Nah, sayuran rendah pati ini identik dengan kandungan seratnya yang tinggi.

Memilih menu sahur memang tidak bisa sembarangan, salah memilih menu sahur bisa membuat perut jadi merasa lapar lebih cepat. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang tinggi serat agar kenyang lebih lama dan ibadah puasa lebih khusyuk. Selamat berpuasa!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas