News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Cak Nun: Presiden yang Dibutuhkan Indonesia Bukanlah 'Siapa' tapi 'Tahu Apa'

Editor: Noorchasanah A
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Puluhan jurnalis dari berbagai media terlihat asyik mengikuti diskusi dan sinau bareng bersama Muhammad Ainun Nadjib atau biasa dikenal Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun di Rumah makan Sederhana Jalan Pandanaran Kota Semarang, Rabu (3/4/2019). Malam ini Cak Nun akan tampil di acara Anniversary Panser Biru ke 18 yang berlangsung di Halaman Wonderia. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

TRIBUNNEWS.COM - Budayawan sekaligus tokoh intelektual, Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun, menjelaskan gambaran sosok presiden yang dirasa tepat memimpin Indonesia selama lima tahun mendatang.

Menurut Cak Nun melalui tulisannya pada situs resminya, Senin (1/4/2019), menegaskan sosok presiden yang dibutuhkan oleh Indonesia bukan soal siapa-nya.

Melainkan, lanjut Cak Nun, soal 'tahu apa' dan 'bisa bagaimana'.

"Presiden yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia bukanlah “siapa”, melainkan “tahu apa” dan “bisa bagaimana”," tulis Cak Nun pada pembukaan tulisannya.

Bagi Cak Nun, siapa pun bisa menjadi presiden Indonesia, menjadi pemimpin untuk periode 2019-2024.

Namun sosok pemimpin tersebut hendaknya tahu soal kebutuhan mendasar bangsa Indonesia di masa kini hingga puluhan tahun mendatang.

Baca: Jokowi atau Prabowo? Cak Nun Jawab soal Sosok Presiden yang Pantas Pimpin Indonesia pada 2019-2024

Ayah Noe Letto ini mengibaratkan Indonesia layaknya bus besar.

Penumpang sebagai rakyat Indonesia.

Pertanyaan pun muncul dari Cak Nun ditujukan kepada kedua paslon capres-cawapres terkait kunci keselamatan bus berisi banyak penumpang tersebut.

"Apakah kunci keselamatan atau kebangkitannya terletak pada sopirnya ataukah pada kondisi bisnya, sasisnya, mesinnya, atau seluruh struktur badannya?" tanya Cak Nun.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini