News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Kelompok Anak Muda Luncurkan Situs Gagasankita.id, Bisa Suarakan Aspirasi Langsung ke Anies Baswedan

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Dodi Esvandi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Koordinator Media Ubah Bareng Muhammad Ghifari Fachreziansyah saat merilis situs Gagasankita.id di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (29/9/2023). (Mario Sumampow)

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gerakan kelompok Ubah Bareng meluncurkan sebuah platform sebagai ruang untuk anak muda dapat menyuarakan aspirasi dan gagasan langsung kepada bakal calon presiden (presiden) Anies Baswedan.

Platform dalam bentuk situs yang dinamai Gagasankita.id ini resmi diluncurkan pada Jumat (29/9/2023) malam di Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Koordinator Media Ubah Bareng Muhammad Ghifari Fachreziansyah mengatakan peluncuran situs ini merupakan kolaborasi langsung antara anak muda dengan Anies Baswedan.

Dalam situasi itu siapa saja dapat menyampaikan gagasan dan masukan yang nantinya akan diterima langsung oleh Anies.

Gagasan dan masukan itu nantinya akan dipertimbangkan oleh Anies untuk dibawa dalam visi dan misinya di kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga: Anies-Gus Imin Kunjungi Ponpes Denanyar Jawa Timur: Serap Energi Perjuangan Mbah Bisri

“Yang pasti bahan pertimbangan karena pasti akan dikurasi lagi, tapi intinya ini sudah kiat menuju demokrasi yang lebih baik, jadi semua orang bisa menyampaikan gagasan,” ujar Ghifari kepada Tribunnews ditemui usai peluncuran.

Langkah yang digagas ini mencoba untuk membawa saran dan masukan anak muda dari bawah ke atas.

Berbeda dengan proses pendekatan pada umumnya yang dilakukan dari atas ke bawah.

“Approach-nya kita balik yang biasanya top down, ini bottom up. Keluhan-keluhan di masyarakat, ide-ide di masyarakat itu diangkat untuk gimana caranya jadi visi misi dan juga program,” tuturnya.

Ke depannya kelompok Ubah Bareng ini akan menjamah lebih banyak wilayah di Indonesia untuk memperkenalkan situs ini.

Langkah itu harus dijalankan dengan cepat jika berpatokan dengan tahapan pendaftaran pilpres yang akan dibuka sebentar lagi.

“Kita kurang lebih 20 harian menuju pendaftaran. Jadi kita akan giat kunjungan ke daerah membawa paltform ini untuk gimana nanti teman-teman di daerah untuk mengisi gagasan kita ini,” tandas Ghifari.

Baca juga: Momen Anies-Cak Imin Berboncengan Vespa saat Sapa Warga Jombang

Usai peluncuran, melalui tayangan video, Anies Baswedan turut menyampaikan apresiasinya atas situs itu.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan setiap episode kehidupan bangsa selalu diwarnai kiprah anak muda.

Ke depannya, tantangan akan semakin besar dari bagaimana membuat gaya hidup yang terjangkau, layanan kesehatan merata, ketersediaan lapangan pekerjaan, pemerataan pembangunan, hingga akses pendidikan berkualitas.

“Maka dari itu perspektif anak muda, gagasan, terobosan, dan solusi yang yang penuh dengan kebaruan itu sangat dibutuhkan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh bangsa,” ujar Anies.

“Dan kami percaya bahwa semua dari kita punya ide. Semua dari kita berhak menyampaikan gagasannya. Semua dari kita dapat ikut serta untuk membawa perubahan bagi bangsa ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini