Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Afi Dituding Plagiat Tulisannya, Ini Reaksi Mengejutkan Mita Handayani

Mita Handayani pun menuliskan status yang merupakan klarifikasi terkait tudingan plagiarisme yang ditujukan untuk Afi.

Penulis: Rendy Sadikin
zoom-in Afi Dituding Plagiat Tulisannya, Ini Reaksi Mengejutkan Mita Handayani
Kompas TV
Asa Firda Nihaya, pemilik akun Afi Nihaya Faradisa 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Asa Firda Inayah alias Afi dituding melakukan plagiarisme melalui tulisannya yang diunggah ke jejaring sosial Facebook.

Diunggah ke akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, tulisan berjudul 'Belas Kasih Dalam Agama Kita' itu dinilai mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016.

Terkait tudingan tersebut, Afi pun membantah dengan tegas saat ditemui Bayu Sutiyono dari KOMPAS TV di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Dia pun menjawab dengan cepat dan singkat, "tidak", saat ditanyakan terkait dugaan tersebut.

Mata Asa Firda Inayah, atau kerap dipanggil Afi, tampak berkaca-kaca saat dimintai konfirmasi mengenai dugaan plagiarisme dalam tulisannya yang berjudul
Mata Asa Firda Inayah, atau kerap dipanggil Afi, tampak berkaca-kaca saat dimintai konfirmasi mengenai dugaan plagiarisme dalam tulisannya yang berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang diunggah di akun Facebooknya pada 25 Mei 2017Kamis (1/6). (capture video)

Afi mengaku belum mengetahui tuduhan plagiarisme yang ditujukan kepadanya. Dia mengatakan belum membuka media sosial.

"Saya tidak tahu, saya belum banyak bukan sosmed," ucapnya.

Namun, kata dia, dia sudah banyak menulis dan tulisannya banyak yang di-copy orang.

BERITA TERKAIT

"Saya memang menulis di akun-akun lama, dari tahun 2012 dan beberapa tulisan di akun Afi tulisan lama. Akun lama Afi sudah di-take down," kata Afi.

Ketika Bayu membacakan bahwa tulisan Afi mengenai "Belas Kasih Dalam Agama Kita" itu disebut mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016, dia menjawab tegas.

"Mita Handayani, minta konfirmasi aja sama akun Mita Handayani," kata Afi.

Dan, melalui akun Facebook miliknya, Mita Handayani pun menuliskan status yang merupakan klarifikasi terkait tudingan plagiarisme yang ditujukan untuk Afi.

Dalam klarifikasinya, tak disangka Mita membela sosok Afi, bahkan memujinya sebagai seorang anak yang cerdas.

Bukan cuma itu, Mita Handayani pun meminta publik yang selama ini merisak Afi untuk memaafkannya jika memang terbukti melakukan plagiarisme.

"Aku pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Jika usaha Afi kali ini dianggap kesalahan, aku mohon dimaafkan... Afi merasa harus berbuat sesuatu, dan jika itu salah, mohon dimaafkan," tulis Mita Handayani.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas