Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget, Bakti BCA untuk Pelestarian Budaya dan Pemberdayaan UMKM

BCA mempersembahkan acara berjudul “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!”. Acara ini berlangsung pada 22-24 Agustus 2024 di area Candi Prambanan,

zoom-in Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget, Bakti BCA untuk Pelestarian Budaya dan Pemberdayaan UMKM
istimewa
BCA mempersembahkan acara berjudul “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!”. Acara ini berlangsung pada 22-24 Agustus 2024 di area Candi Prambanan, Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan ke-79 Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di bawah payung Bakti BCA mempersembahkan acara berjudul “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!”. Acara ini berlangsung pada 22-24 Agustus 2024 di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Perhelatan ini menjadi bukti nyata atas komitmen BCA terhadap pelestarian nilai-nilai budaya, pemberdayaan UMKM, hingga pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung akan disuguhi oleh beragam kegiatan yang kental dengan kearifan lokal dan kekayaan budaya Indonesia. Sebagai contoh, acara ini akan menghadirkan Pasar Kangen yang siap memanjakan lidah para pengunjung dengan sajian kuliner khas tradisional berkonsep pop up shop. Sekitar 60 tenant UMKM akan tergabung dalam Pasar Kangen ini, termasuk beragam UMKM binaan Desa Bakti BCA dan program Bangga Lokal BCA. Pengunjung dapat menikmati Pasar Kangen di area Outdoor Plaza Trimurti dari 22-24 Agustus 2024.

Sebagai puncak, “Gebyar BCA Merah Putih Indonesia Banget!” akan diakhiri dengan pagelaran musikal berjudul “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” di Ramayana Ballet Prambanan. Pertunjukan ini akan menyajikan kisah terinspirasi dari legenda pewayangan Indonesia yang disampaikan melalui tarian-tarian, lagu-lagu, dan musik tradisional dari berbagai daerah. Secara spesial, pertunjukan ini juga akan menampilkan Duta Bakti BCA Nicholas Saputra, Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra, dan MALIQ & D'Essentials.

“Gebyar BCA Merah Putih adalah inisiatif dari Bakti BCA untuk memperingati hari kemerdekaan ke-79 Indonesia melalui serangkaian kegiatan yang menampilkan kekayaan budaya dan kuliner Tanah Air. Kegiatan ini menggabungkan tiga dari lima pilar Bakti BCA, yaitu Bakti Pendidikan, Bakti Budaya, dan Desa Bakti BCA. Kami berharap acara ini tidak hanya bisa memupuk kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia, tapi juga dapat menciptakan multiplier effect bagi perekonomian pelaku seni, industri kreatif, hingga UMKM lokal,” ujar EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn.

Pagelaran ‘Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa’

Pagelaran “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” merupakan pagelaran musikal buah karya sanggar Swargaloka. Digelar pada 24 Agustus 2024 di Ramayana Ballet Prambanan, pagelaran ini melibatkan sekitar 120 pementas berbakat, yang lebih dari separuhnya merupakan pemuda-pemudi dari sanggar dan sekolah binaan Bakti BCA. Talenta-talenta muda ini berasal dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Bali, dan Banyuwangi.

“Pagelaran ini merupakan wujud komitmen Bakti BCA untuk mendorong generasi muda Indonesia lebih mencintai kebudayaan nusantara. Sebagai pemilik masa depan bangsa, kami berharap mereka bisa bangga memiliki identitas yang otentik sebagai bangsa yang merdeka dan kaya budaya. Kami juga sangat mengapresiasi ketekunan dan kegigihan pemuda-pemudi pementas yang telah melakukan latihan selama hampir empat bulan lamanya, untuk mempersiapkan yang terbaik bagi pagelaran ini,” ucap Hera F. Haryn.

BERITA TERKAIT

Pagelaran “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” menceritakan kisah perjalanan Dewi Supraba yang diutus para Dewa untuk menyelamatkan Kahyangan. Terinspirasi dari legenda pewayangan Indonesia, pagelaran ini juga menjadi representasi keindahan alam dan kekayaan budaya nusantara, negeri kepingan surga di khatulistiwa. Pertunjukan ini dikemas dalam bentuk drama musikal kolosal yang dipadu dengan orkestra musik nusantara dengan sentuhan teknologi modern yang memukau.

Sutradara dan Penulis Naskah Pagelaran Musikal “Nusantara: Jiwa Surga Khatulistiwa” Irwan Riyadi mengatakan, “Sejak lama, Bakti BCA telah memberikan dukungan kepada Swargaloka untuk menyelenggarakan pagelaran. Kami sangat mengapresiasi kontribusi BCA untuk melestarikan budaya Indonesia dengan mewadahi, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya Indonesia. Guna menarik perhatian generasi muda, kami menyuguhkan kisah-kisah legendaris yang dikemas secara kekinian, memanfaatkan teknologi tanpa meninggalkan akar budaya kita. Bagi kami, tradisi tidak pernah mati, dia akan tumbuh seiring dengan perkembangan zaman. Maka, tafsir-tafsir baru sangat dinantikan agar karya-karya kita bergerak ke depan menyongsong peradaban.”

Pasar Kangen

Pasar Kangen merupakan sebuah ajang tahunan yang telah diadakan sejak 2007 di Yogyakarta. Acara ini menyuguhkan kehangatan tradisi yang disalurkan melalui kuliner nusantara dan kerajinan lokal dalam balutan suasana tempo dulu. Berangkat dari kecintaan yang sama

terhadap tradisi lokal, Bakti BCA berkolaborasi dengan Pasar Kangen untuk turut menyemarakkan acara “Gebyar BCA Merah Putih: Indonesia Banget!”.

Pasar Kangen menampilkan lebih dari 60 booth produk UMKM lokal, seperti es goyang, wedang ronde, kerak telor, sate koyor khas Lumajang, dawet ireng, hingga selendang mayang. Selain beragam kuliner lokal tersebut, hajatan istimewa ini juga melibatkan UMKM binaan Bakti BCA dan BCA Bangga Lokal untuk turut menjajakan produk-produk unggulan mereka. Tidak kurang dari delapan booth UMKM binaan Bakti BCA hadir di Pasar Kangen, antara lain coffee truck Doesoen Kopi Sirap, Wisata Wayang Desa Wukirsari, kecap Djoe Hoa, karya Sekolah Binaan Bakti BCA, hingga Wastra Bakti BCA yang membawa ragam wastra nusantara dari Kampoeng Batik Gemah Sumilir dan Desa Wisata Sijunjung. Adapun untuk booth Bangga Lokal akan diisi oleh produk-produk dari Agung Ngoro, Bakpiaku, Getook, hingga Dagadu Djokdja.

Pendiri Pasar Kangen Ong Hari Wahyu menambahkan, “Kami melihat keselarasan misi yang diusung oleh BCA, yaitu untuk dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama UMKM lokal. Ini adalah kali kedua kami bekerja sama dengan BCA. Saya menyambut baik kolaborasi ini, sudah waktunya kita menjunjung lebih tinggi rasa bangga buatan Indonesia, perlahan diubah menjadi sebuah kebiasaan yang dapat mendorong UMKM lokal menjadi terdepan di negeri sendiri.”

Deretan kejutan menarik dari BCA juga sudah siap menyambut pengunjung Pasar Kangen. Nasabah BCA dapat menikmati berbagai promo, antara lain cashback 30 persen maksimum Rp15.000, dengan minimum transaksi Rp50.000. Promo ini berlaku untuk pembayaran dengan QRIS di myBCA, BCA mobile, atau Sakuku dengan kuota promo 200 transaksi pertama/hari. Promo juga berlaku khusus untuk transaksi di tenant Pasar Kangen Gebyar BCA Merah Putih, pada tanggal 22-24 Agustus 2024. Untuk mendapatkan promo tersebut, pengunjung juga wajib menukarkan bukti transaksi ke booth redeem point BCA pada hari yang sama dengan tanggal transaksi. Dapatkan juga penawaran menarik dari tenant BCA Bangga Lokal, antara diskon 10% dan clearance sale di Dagadu serta harga spesial 5 bakpia Rp17 ribu dari Bakpiaku dan beragam promo lainnya.

Selain berburu kudapan tradisional, pengunjung Pasar Kangen dapat bersenandung bersama alunan musik yang memadukan elemen kontemporer dengan kekayaan budaya Indonesia, yang dibawakan oleh Jogja Hip Hop Foundation, Angklung Malioboro, dan Ririn Sinden Gemoy. Pasar Kangen kali ini juga menyelenggarakan berbagai lomba 17-an yang bisa diikuti untuk menambah semarak acara dengan nuansa kebersamaan dan keceriaan khas perayaan kemerdekaan. Seluruh rangkaian kegiatan ini dapat ditemukan di area mini stage Pasar Kangen.

“Kami sangat antusias untuk menghadirkan pasar rakyat bersama Pasar Kangen kepada masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menginspirasi kecintaan yang lebih mendalam terhadap produk lokal serta mendorong semangat pelestarian budaya Indonesia. Kami juga berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia dalam setiap langkah perjalanan mereka menuju kesuksesan,” tutup Hera F. Haryn.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas