Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vinilon Group Bersama Solar Chapter Alirkan Kebaikan Melalui Akses Air Bersih untuk Desa Banuan, NTT

Program Corporate Social Responsibility (CSR) “Water for Banuan 2024” hasil kerja sama Vinilon Group dengan lembaga non-profit Solar Chapter dan Pemer

zoom-in Vinilon Group Bersama Solar Chapter Alirkan Kebaikan Melalui Akses Air Bersih untuk Desa Banuan, NTT
dok. Vinilon Group
Program Corporate Social Responsibility (CSR) “Water for Banuan 2024” hasil kerja sama Vinilon Group dengan lembaga non-profit Solar Chapter dan Pemerintah Desa Banuan untuk menanggulangi masalah akses air bersih di Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT) 

TRIBUNNEWS.COM – Menurut data dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) tahun 2023, menyebutkan hanya 20 persen masyarakat Indonesia yang mampu mendapatkan akses air bersih. Vinilon Group bekerjasama dengan lembaga non-profit Solar Chapter dan Pemerintah Desa Banuan untuk menanggulangi hal tersebut melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) “Water for Banuan 2024” dengan bantuan berupa, Pipa HDPE sepanjang 4,5km, beserta aksesori pendukung lainnya, seperti Straight Coupler, Socket Reducer, Elbow, Air Valve, Gate Valve, Clamp Saddle, dan Male Threaded Adaptor kepada warga Desa Banuan, Kecamatan Insana Fafinesu, Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dilakukan pada akhir Agustus 2024.

“Sebuah kebanggan bagi kami, dapat berkontribusi membantu saudara-saudara kita di Desa Banuan, NTT untuk mendapatkan akses air bersih agar mudah dijangkau. Kami berharap langkah ini bisa terus berlanjut untuk membantu saudara-saudara kita yang masih kesulitan mengakses air bersih di kawasan pelosok, di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Sandy Susanto, CEO Vinilon Group.

Desa Banuan berjarak sekitar 200 kilometer dari Kota Kupang, dan dapat ditempuh melalui jalur darat dengan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Desa ini terdiri dari 759 penduduk dengan 186 kepala keluarga. Sebelumnya, warga setempat harus rela berjalan kaki sambil membawa jerigen air sejauh 2 kilometer atau selama 3-5 jam dengan kondisi jalanan berbatu dan terjal, serta melewati sungai untuk mendapatkan air bersih dari sumber air. Bahkan, warga harus membeli tangki air dengan harga Rp250.000 hingga Rp300.000 untuk mendapatkan 5.000 liter air bersih. Kini seluruh warga di Desa Banuan telah Merdeka Air Bersih yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum, mandi, dan mencuci.




“Ini adalah tahun kedua Vinilon Group dengan Solar Chapter berkolaborasi untuk memberikan akses air bersih di Desa tertinggal di wilayah Timur Indonesia melalui sistem perpipaan yang baik. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan warga Desa Banuan,” ungkap Mustika Wijaya, Founder Solar Chapter.

Lewat program ini, Agustinus Manbait, Kepala Desa Banuan juga menyampaikan bahwa dukungan Vinilon Group bersama Solar Chapter berhasil mewujudkan cita-cita warga Desa Banuan akan ketersediaan air bersih yang mudah.

“Setelah penantian sekian lama, akhirnya warga Desa Banuan dapat mengakses kebutuhan air bersih dengan mudah. Semoga bantuan ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian kami, warga di Desa Banuan menjadi lebih baik. Terlebih untuk anak-anak Desa Banuan sebagai generasi penerus bangsa Indonesia,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Pada tahun 2023, Vinilon Group dan Solar Chapter juga telah menyalurkan pipa untuk kebutuhan air bersih di Desa Boen, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sesuai dengan nilai perusahaan kami, yaitu “Dari Indonesia, Untuk Indonesia”, Vinilon Group bersama Solar Chapter berkomitmen mendukung kesejahteraan masyarakat akan hak mendapatkan akses air bersih di seluruh Indonesia.

Keikutsertaan program Water for Banuan 2024, semakin memperkuat posisi Vinilon Group sebagai penyedia solusi perpipaan yang andal, efisien, dan berkelanjutan untuk proyek infrastruktur air di Indonesia.

Baca juga: Pipa Vinilon Raih Peringkat Tertinggi dari Green Label Indonesia, Bukti Komitmen Peduli Lingkungan

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas