Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Info BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem November-Desember, Puncak Musim Hujan Terjadi Pada Januari-Februari

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2020 mendatang.

Editor: Melia Istighfaroh
zoom-in Info BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem November-Desember, Puncak Musim Hujan Terjadi Pada Januari-Februari
PEXELS.COM/Loonie Loveloonies
Ilustrasi hujan petir dan angin kencang. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari-Februari 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Miming Saepudin yang merupakan Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca saat melakukan konferensi pers di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (31/10/2019) kemarin.

Ilustrasi Hujan
Ilustrasi Hujan (bitLanders)

"Musim hujan 2019-2020 belangsung normal sesuai klimatoligisnya. Puncak musim hujan terjadi pada Januari hingga Februari 2020," jelas Miming Saepudin.

Dalam konferensi pers itu pula, Miming menyebutkan jika akan ada cuaca ekstrem yakni dua bulan sebelum puncak musim hujan.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai antara lain turunnya hujan lebat yang disertai petir, angin puting beliung, angin kencang, hingga hujan es.

"Perlu diwaspadai potensi cuaca ekstream mulai dari puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode transisi musim pada November-Desember 2019," ujar Miming.

Halaman selengkapnya >>>

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunnewsWiki
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas