News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kebijakan Baru Suplai Ayam Segera Dirilis

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ayam potong di super market

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan segera mengeluarkan kebijakan baru berupa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang mengatur suplai ayam secara menyeluruh. Pengaturan tersebut dimulai dari impor grand parent stock (GPS) hingga ke retail.

Bayu Krisnamurthi Wakil Menteri Perdagangan mengatakan, kebijakan tersebut ditargetkan dapat diselesaikan dan diterapkan secepatnya. "Kita kelola secara terpadu. Nanti dalam bentuk Permendag. Seluruh supply chain (diatur)," kata Bayu, Rabu (28/5/2014).

Bayu bilang, dalam 2-3 tahun terakhir peternak ayam rakyat posisinya sangat sulit. Dalam setahun, peternak ayam rakyat biasanya mengalami rugi hingga tujuh bulan, sedangkan untungnya lima bulan.

Sekedar gambaran saja, pupulasi ayam di dalam negeri mencapai 2,5 miliar ekor pertahun. Dari jumlah tersebut, 70% diproduksi oleh perusahaan besar, sedangkan 30% sisanya diproduksi oleh perusahaan kecil. Sementara itu untuk penjualannya, mayoritas atau sekitar 70% melalui pasar tradisional, sedangkan 30% dari pasar modern.

Oleh sebab itu, agar tidak terjadi over suplai dipasaran, diperlukan pengaturan suplai ayam dengan kebutuhan. Sehingga bila terjadi penurunan harga yang signifikan tersebut tidak akan membuat peternak ayam kecil terpukul. (Handoyo)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini