News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

2019, Tak akan Ada Lagi Pemadaman Bergilir

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pedagang pecel lele di Jalan Sei Raya Dalam, Pontianak, terpaksa menerangi gerobaknya dengan pencahayaan lilin karena pemadaman bergilir yang dilakukan PLN, akibat kurangnya daya pasok listrik, Selasa (1/10/2013). Mulai kemarin, PLN menaikkan tarif dasar listrik (TDL). Ini adalah keempat kalinya PLN menaikkan TDL dalam tahun 2013. Tribun Pontianak/Leo Prima

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pada 2019 elektrifikasi rasio listrik sudah mencapai 99 persen. Artinya dengan elektrifikasi sebesar itu, negara tidak akan mengalami pemadaman bergilir lagi.

"Kalau bisa pada 2019, elektrifikasi 99 persen bisa tercapai, tidak hanya jaringan tentu penyiapan pembangkitnya juga perlu," ujar Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM, Jarman, Rabu (22/10/2014).

Hingga saat ini, hal yang menjadi masalah utama dalam kelistrikan adalah distribusi. Pasalnya wilayah terpencil di dalam negeri masih banyak dan kekurangan listrik. "Masalah yang selama ini adalah bagaimana menyediakan pembangkit yang terpencil," jelas Jarman.

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah saat ini menerbitkan Permen ESDM nomor 27 tahun 2014. Dalam peraturan tersebut mengungkapkan adanya insentif dari pembelian listrik untuk pembangkit biomasa dan biogas.

"Ini upaya pemerintah mencapai target elektrifikasi listrik pada 2019," papar Jarman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini