News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

2015, Ekspor Motor Diprediksi Tembus 60.000 Unit

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tenaga pemasaran berpose dengan sepeda motor Yamaha New Mio M3 125 blue core, di PT Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM), Jalan AP Pettarani, Makassar, Jumat (9/1/2015). New Mio M3 125 hadir dengan tagline Tanpa Kompromi yang artinya dalam hidup ini kita bebas menentukan pilihan sendiri tanpa kompromi menurut hati nurani. Motor tersebut menyasar pengguna laki-laki dan perempuan usia 17-25 tahun serta digunakan sebagai transportasi harian. Tribun Timur/Muhammad Abdiwan

TRIBUNNEWS.COM - Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) memprediksi ekspor sepeda motor dalam bentuk Completely Build Up (CBU) pada tahun akan mencapai sekitar 60.000 unit. Jumlah itu naik dibanding tahun lalu yang sebanyak 43.000 unit.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata mengatakan ekspor sepeda motor CBU pada 2014 itu sekitar 43.000 unit. "Pertumbuhan ekspor karena ada pabrikan agen pemegang merek (APM) yang mulai ekspor CBU juga tahun ini," ujar Gunadi pada Selasa (20/1).

Besaran ekspor terbilang kecil dibandingkan produksi sepeda motor yang mencapai 5 juta - 6 juta pada 2014. "Negara yang kebutuhan motornya besar itu di negara-negara berkembang. Namun APM juga sudah bangun pabrik di negara masing-masing tersebut," ujar Gunadi.

Oleh kerena dia mengapresiasi rencana Suzuki untuk ekspor skutik kelas 110 cc ke pasar Eropa pada akhir Januari nanti. "Mereka rasional, untuk jarak dekat mereka butuh skutik alih-alih mobil. Kebutuhannya ada disana, jadi kita coba ekspor," ujar Gunadi.(Benediktus Krisna Yogatama)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini