News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PT KAI: Pakai Kereta, Manggarai ke Bandara Hanya 1 jam

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengendara di Jl M1 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (6/10/2014) rencananya jalan tersebut akan ditutup untuk melanjutkan proyek kereta bandara, sebagai gantinya para pengendara yang biasa melalui jalan tersebut akan dialihkan ke Jl Perimeter

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito menegaskan dengan kereta api menuju bandara Soekarno Hatta, hanya memakan waktu satu jam.

Stasiun yang akan dibangun untuk kereta bandara melalui rute stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta

"Estimasi waktu 50 sampai 60 menit," ujar Kurniadi di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Saat ini PT KAI (persero) sudah selesai melakukan pembebasan lahan untuk stasiun Manggarai. Total jarak yang dilintasi adalah sepanjang 36,3 km yang terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru.

"Pembebasan lahannya kecil kok, nanti stasiun yang baru ada di Sudirman baru dekat hotel Shangrila," jelas Kurniadi.

Kurniadi memaparkan pihak PT Railink telah memesan 10 rangkaian kereta (trainset) dengan pihak konsorsium Bombardier-PT INKA (Persero) untuk KA Bandara Soekarno Hatta ini. Dalam 1 rangkaian kereta akan terdiri dari 6 gerbong.

"Kapasitasnya untuk 272 tempat duduk," papar Kurniadi.

Sebelumnya diberitakan total investasi untuk KA bandara Soekarno Hatta sebesar Rp 2,5 triliun. Saat ini PT KAI mendapat pinjaman 4 sindikasi bank yakni BRI, BNI, BCA dan Bank Mandiri.

Dengan pinjaman Rp1,4 triliun, PT KAI berhasil menyelesaikan pendanaan 85 persen dari seluruh total investasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini