News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gejolak Rupiah

Bankir Sumringah Sambut Penguatan Rupiah

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirut Bank BNI Achmad Baiquni

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang sudah berlangsung sepekan lebih, disambut gembira oleh bankir karena dapat membantu kinerja bank ke depannya.

Direktur Utama PT BNI Tbk Achmad Baiquni mengatakan, penguatan rupiah pastinya berdampak positif ke perbankan, terlebih jika pergerakannya rupiahnya stabil.

"Kestabilan itu sangat diperlukan bagi pelaku bisnis, kami berharap penguatan ini masih terus berlangsung," ujar Baiquni di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

‎Penguatan rupiah dinilai Baiquni sangat membantu berbagai industri yang kebutuhan bahan bakunya harus diimpor. Sebab, jika terjadi pelemahan maka beban yang dikeluarkan menjadi lebih besar.

"Nasabah BNI itu sektor ril, rupiah menguat itu bisa membantu mereka bebannya berkurang," ucap Baiquni.

Setelah pengusaha tidak terbebani lagi, maka kredit‎ perusahaan dari perbankan pembayarannya lebih lancar dan akhirnya memangkas kredit bermasalah atau non performing loan (NPL).

"Sekarang NPL gross pada kuartal III 2015 sebesar 2,8 persen" ujar Baiquni.

‎Pergerakan rupiah terus mengalami penguatan, bahkan saat ini sudah di level kisaran Rp 13.300 per dolar AS dari dua pekan sebelumnya di posisi Rp 14.000 per dolar AS.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini