News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tidak Ada Perencanaan Keuangan Sebabkan Penetrasi Asuransi Rendah

Penulis: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai seorang pekerja profesional, Dion (35) yang berpenghasilan Rp 10 juta per bulan mestinya mampu menabung atau berasuransi.

Apalagi sang istri juga bekerja yang gajinya Rp 8 juta, tentunya lebih dari cukup.

Tapi faktanya, dirinya sering mengalami kesulitan keuangan, artinya walaupun besar namun tetap saja tidak ada dana yang dia bisa simpan.

"Pokoknya ludes saja gitu untuk keperluan sehari-hari. Jangankan untuk berasuransi, menabung saja sudah tidak bisa," katanya di Jakarta belum lama ini.

Diakuinya memang uangnya dihabiskan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun membayar berbagai keperluan, seperti kartu kredit yang nilainya besar.

"Pokoknya saat perlu uang, ambil gitu terus akhirnya lama-lama habis juga belum akhir bulan," katanya.

Ia pun mengakui tidak memiliki perencanaan keuangan mengenai alokasi penghasilannya bersama istri.

Apa yang dialami Dion, bisa menjadi gambaran masyarakat umum lainnya yang memang tidak memiliki perencanaan keuangan.

Tidak adanya perencanaan keuangan membuat penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah.

Survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2013 menunjukkan bahwa hanya 18 persen dari populasi penduduk yang memiliki pemahaman yang cukup tentang asuransi, dan hanya 11,8 persen yang memiliki asuransi.

OJK mengajak semua pihak, termasuk penyedia layanan dan jasa keuangan untuk turut terlibat dalam meningkatkan kesadaran publik dan berpartisipasi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Perlu Kalkulator Finansial

Keinginan ini ditangkap Commonwealth Life yang telah meluncurkan kalkulator finansial versi terbaru, yang menyediakan fitur fasilitas keuangan yang mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kalkulator finansial ini akan membantu dan memungkinkan siapa saja untuk merencanakan dan memahami tujuan dan kebutuhan finansial sehingga dapat menyesuaikan dengan profil kehidupan mereka.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini