News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Melalui Kokoru, APP Berupaya Tingkatkan Kreativitas Anak

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kertas adalah medium yang melekat dengan keseharian manusia, seperti saat mencipta karya berupa tulisan atau gambar, baik dengan cara menuliskan dengan tinta atau pensil serta melalui mesin cetak, dan banyak lagi.

Di Jepang bahkan terdapat seni kerajinan melipat kertas atau origami.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas sebagai perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang pulp dan kertas juga memproduksi kertas khusus untuk kerajinan, yang dikenal dengan nama Kokoru (Color Corrugated Paper).

Berbentuk kertas bergelombang warna-warni, Kokoru dapat digunakan untuk membuat objek tiga dimensi dan dua dimensi dengan cara menggunting dan menggulung (teknik quilling).

Quilling atau paper filigree adalah bentuk seni kerajinan menggunakan kertas dengan cara menggulungnya, dibentuk dan di lem bersama-sama untuk menciptakan berbagai kreasi design.

"Kokoru adalah kertas gelombang berwarna pertama yang ada di Indonesia. Produk ini kami luncurkan, salah satunya untuk membantu proses tumbuh kembang anak-anak Indonesia dengan merangsang motorik dan otak kanan mereka, sehingga kreativitas anak-anak yang menggunakannya ikut terstimulus," ungkap Direktur PT Cakrawala Mega Indah (CMI) Lina Lim, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5/2016).

CMI merupakan unit bisnis APP yang  bertugas dalam distribusi produk.

Kokoru yang diluncurkan di pasar Indonesia sejak 2010 memberikan altenatif kepada masyarakat dengan menyediakan produk untuk berkreasi dan  menyalurkan kreativitas.

"Jika sebelumnya masyarakat, utamanya anak-anak hanya mengenal kertas lipat atau origami, APP menyediakan produk alternatif yang lain," terang Lina.

Sejak pertama diluncurkan, pangsa pasar Kokoru terus berkembang, bahkan pada 2014 ke 2015 melonjak hingga 50 persen, dan diharapkan tahun 2016 terjadi peningkatan yang sama. 

Untuk distribusi di Indonesia, Kokoru telah hadir di kota-kota besar, di jual di toko buku dan berbagai outlet modern serta tradisional.

Sedangkan di pasar internasional, Kokoru dapat ditemui di 20 negara yang ada di Asia Pasifik.

Kokoru diproduksi oleh pabrik APP, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, dengan menggunakan dua lembar kertas berwarna yang salah satunya dibuat bergelombang melalui proses produksi, kemudian direkatkan bersama lalu dipotong menjadi ukuran A4, dan ada yang dipotong memanjang (1,3 x 50 cm).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini