News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kantong Plastik Berbayar

Plastik Berbayar akan Diujicoba di Seluruh Indonesia

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kasir tengah melayani pembeli di Minimarket Kawasan Senen, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2015). Minimarket mulai hari ini memberlakukan pembayaran plastik belanja seharga Rp 200. Pemprov DKI Jakarta resmi memberlakukan kantong plastik berbayar seharga Rp 5.000 di setiap Supermarket di Jakarta. Warta Kota/angga bhagya nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah ingin mendapatkan gambaran yang lebih luas dari uji coba plastik berbayar. Oleh karena itu, uji coba kebijakan tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia.

"Kami harus uji coba dulu seluruh Indonesia karena Indonesia kan bukan kota kecil, begitu luasnya," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Perluasan uji coba plastik berbayar ke seluruh daerah di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh guna melakuan evaluasi.

Nantinya evaluasi tersebut akan digunakan Pemerintah Pusat sebagai acuan membuat pedoman dan acuan teknis untuk Pemerintah Daerah (Pemda).

Seperti diketahui, uji coba plastik berbayar dilakukan untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Berdasarkan UU Nomer 18 Tahun 2008, kewenangan pengelolaan sampah berada di Pemda.

"Oleh karena itu, berbagai pedoman dan acuan teknis akan diberikan Pemerintah Pusat," kata Siti.

Kementerian LHK sebenarnya sudah mendapatkan gambaran hasil uji coba pertama plastik berbayar.

Namun datanya masih bervariai. Disejumlah kota, penggunan plastik ada yang berkurang hingga 50 persen. Namun, ada juga yang hanya turun 30 persen.(Yoga Sukmana)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini