News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gas bumi

Kelola Perusahaan Secara Sehat dan Efisien, PGN Raih Penghargaan IDX Top Ten Blue 2016

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) meraih penghargaan IDX Top Ten Blue 2016 dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  memberi penghargaan IDX Top Ten Blue 2016 kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). 

IDX Top Ten Blue merupakan penghargaan untuk perusahaan yang tercatat sahamnya paling likuid ditransaksikan oleh investor di pasar modal.

"Penghargaan ini merupakan salah satu wujud pengelolaan perusahaan yang sehat dan efisien," kata Direktur Keuangan PGN, Nusantara Suyono, di Jakarta, Senin (03/10/2016).

Penghargaan IDX Top Ten Blue diberikan BEI kepada 10 emiten dari 535 perusahaan yang melantai di BEI.

10 perusahaan terbaik tersebut mendapatkan nilai terbaik dari enam kriteria yang digunakan BEI yang selama setahun terakhir.

Enam kriteria yang digunakan BEI dalam penghargaan tersebut, sebagai berikut :

Pertama, saham Perusahaan telah Tercatat di BEI sebelum Agustus 2015.

Kedua, saham Perusahaan Tercatat tidak pernah mendapatkan sanksi penghentian sementara perdagangannya (suspensi) yang disebabkan oleh kesalahan dari manajemen Perusahaan Tercatat dan bukan suspensi yang bersifat cooling down.

Ketiga, jumlah saham yang dimiliki perusahaan beredar di publik minimal 7,5%.

Keempat, Perusahaan Tercatat sudah menyampaikan Laporan Keuangan Juni 2016 dan Laporan Keuangan Desember 2015.

Kelima Perusahaan Tercatat tidak memiliki ekuitas negatif.

Keenam, saham Perusahaan Tercatat telah ditransaksikan paling sedikit 80% dari jumlah hari perdagangan bursa selama September 2015 hingga Agustus 2016.

Ke-10 perusahaan yang meraih Penghargaan IDX Top Ten Blue adalah PT Astra International Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT HM Sampoerna Tbk, PT Matahari Department Store Tbk, PT Pelat Timah Nusantara Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT PP Properti Tbk, PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio, berharap predikat yang diberikan BEI kali ini dapat memberikan sesuatu yang baru dan berbeda, serta melengkapi berbagai pencapaian yang telah diterima oleh Perusahaan Tercatat.

Tito juga berharap pencapaian ini dapat menjadi pemanis bagi aktivitas perdagangan saham para Perusahaan Tercatat di masa mendatang.

Predikat ini dapat memacu Perusahaan Tercatat lainnya menghasilkan kinerja yang baik dan terus bertumbuh, sehingga memberi manfaat yang tinggi kepada para investor dan pemegang sahamnya.

Melalui kinerja yang baik dan prospektif, lanjut Tito, diharapkan dapat terefleksi pada peningkatan harga sahamnya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan minat masyarakat berinvestasi di pasar modal.

"Sebagai bentuk transparansi, kriteria penilaian akan kami sampaikan secara terbuka kepada masyarakat sehingga Perusahaan Tercatat dapat mengetahui dan berupaya untuk memenuhi kriteria tersebut dan tentunya menjadi pemenang di tahun mendatang," kata Tito.

Penghargaan ini juga mempertimbangkan faktor fundamental dan memperhatikan masukan dari fungsi pengawasan dan pemantauan yang dilakukan oleh BEI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini