News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lama Mangkrak, Mega Proyek Air Minum Umbulan di Pasuruan Mulai Digarap Tahun Depan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penandatangan Perjanjian Pembiayaan Proyek (financial closing) SPAM Umbulan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan mendapatkan pembiayaan proyek dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan PT Sarana Multi Infrastruktur. Dengan demikian, proses konstruksi SPAM Umbulan langsung dapat dilakukan pada 2017.

Penandatangan Perjanjian Pembiayaan Proyek (financial closing) SPAM Umbulan dilakukan Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance Arisudono Soerono, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Emma Sri Martini dan Direktur Utama PT Meta Adhya Tirta Umbulan Yasirin.

Penandatanganan ini disaksikan langsung Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani , Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"Pemerintah sangat mendukung proyek KPBU SPAM Umbulan karena merupakan suatu lambang kerjasama yang berhasil dilakukan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan badan usaha," ujar Darmin di kantornya, Jumat (30/12/2016).

Kementerian PUPR pun siap memberikan dukungan bagi SPAM Umbulan.

Dukungan pembiayaan dan pembangunan fasilitas lainnya untuk instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik dan penempatan pipa pada jalan tol yang dilalui.

"Kira-kira total Rp 450 miliar untuk dukungan fisik pembangunan SPAM Umbulan dari Kementerian PUPR selain dukungan VGF dari Kementerian Keuangan," ungkap Menteri Basuki.

Sebelumnya diketahui telah dilakukan penandatanganan Kerjasama Proyek KPBU SPAM Umbulan pada 21 Juli 2016 lalu, yang dilakukan antara Gubernur Jatim selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) Proyek KPBU SPAM Umbulan dengan Direktur PT Meta Adhya Tirta Umbulan.

PT Meta Adhya Tirta Umbulan merupakan badan usaha yang melaksanakan proyek tersebut dan perusahaan yang dibentuk oleh konsorsium PT Medco Gas Indonesia dan PT Bangun Cipta Kontraktor selaku pemenang lelang Proyek KPBU SPAM Umbulan.

Proyek KPBU SPAM ini merupakan proyek pertama yang memerlukan waktu lama karena melibatkan banyak kabupaten/kota. SPAM Umbulan melibatkan Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik dengan menyerap investasi sebesar Rp 4,51 triliun, dengan porsi swasta (selaku badan usaha pemenang lelang) sebesar Rp 2,05 triliun.

Sementara pemerintah memberikan dukungan kelayakan sebesar Rp 818,01 miliar, dan badan usaha akan bertanggung jawab menyediakan sebagian dana lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini