News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Terpengaruh Isu Reshuffle kabinet Jokowi, Pagi Ini Rupiah Diperdagangkan di Zona Merah

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas penukaran uang asing di money changer PT Ayu Masagung, Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono‎

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini, Senin (20/2/2017) bergerak di zona merah.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 17 poin ke level Rp 13.350 dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp 13.333 per dolar AS.

Seiring berjalannya waktu perdagangan, pelemahan rupiah semakin dalam. Sekitar pukul 08.59 WIB berada di level Rp 13.357 per dolar AS.

Isu politik di dalam negeri mendominasi dan perkiraan inflasi yang akan terus naik menahan laju rupiah bergerak menguat.

"Surat Utang Negara masih terus menguat mengikuti sentimen global, tetapi aset lainnya masih enggan untuk menguat tertahan oleh ketidakpastian dari sisi politik, tidak hanya Pilkada tetapi muncul spekulasi reshuffle kabinet," ujar Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

Baca: Analis: Waspada, Awal Pekan Rupiah Rawan Terkoreksi

‎Menurut Rangga, walaupun Bank Indonesia menyatakan optimistis harga komoditas akan menekan defisit neraca perdagangan lebih rendah dari prediksi awal, namun inflasi diperkirakan naik dampak kenaikan harga listrik dan bumbu makanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini