News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konsumen Pasar Properti Meningkat

Editor: Samuel Febrianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah123 kembali melakukan sentiment survey terkait tren perlikaju pasar properti di Indonesia. Dari data yang berhasil diplah tim, pasar properti di Indonesia masih menjanjikan dari sisi jumlah konsumennya.

Survei ini menunjukkan konsumen properti Indonesia masih tumbuh. Hal itu didukung isu bonus demografi saat ini, konsumen properti juga didominasi kalangan usia produktif.

"Konsumen first time home buyer masih menjadi pasar paling besar," ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung, Rabu (3/5/2017).

Survei menunjukkan 46 persen responden masih tinggal bersama orangtua, atau di rumah warisan. Sedangkan 26 persen menyewa atau mengontrak dan sisanya adalah mereka yang sudah memiliki hunian sendiri.

Selain itu, besaran down payment masih menjadi faktor pertimbangan utama bagi konsumen dalam menentukan huniannya.

Menurut Untung masyarakat juga masih perlu mendapat edukasi tentang pola pembayaran, baik itu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), juga sistem cicilan langsung ke developer.

"Setikdanya, 52 persen konsumen mengaku belum memiliki uang yang cukup sebagai DP hingga tidak juga mengajukan KPR," kata Untung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini