News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teroris Siber

Bos BEI : ‎Sistem Keamanan BEI Berlapis, Bisa Tangkal Virus WannaCry

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirute BEI Tito Sulistio

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengaku keamanan sistem teknologi informasi‎ di BEI telah berlapis-lapis, sehingga diharapkan mampu menangkal virus siber ransormware Wannacry.

"Berlapis keamanan, pukul 07.00 WIB setiap hari diperiksa dulu, terus setiap transaksi per broker diperiksa detil, jadi keamananya berlapis, walaupun saya juga deg-degan," tutur Tito, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Adanya virus Wannacry yang menyerang beberapa instansi rumah sakit di Jakarta, kata Tito, tidak serta merta keamanan teknologi di BEI langsung ditingkatkan dari sebelum-sebelumnya.

"Masih sama (keamanan), tapi kami selalu meningkatkan keamanan ke depan, ada atau tidak adanya virus itu," ucap Tito.

Sebelumnya diberitakan, serangan siber berskala besar menelan 200 ribu korban 150 negara. Di Indonesia, Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais di DKI Jakarta turut menjadi sasaran dari ransomware jenis Wannacry. Serangan ini mengakibatkan pelayanan kepada pasien di rumah sakit ini terganggu.

“Saat ini, kita sedang menghadapi kasus global, yaitu adanya malware dan software yang disebut Wannacry. Di internasional, bukan hanya di Indonesia. Indonesia terkena, Dharmais iya, tetapi Indonesia bukan yang terkena paling besar saat ini,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Minggu (14/5/2017).

Ransomware adalah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau mengenkripsi semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali.

WannaCry merupakan virus jenis baru dari Ransomwaremengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi Server Message Block (SMB).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini