News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Darmin: Pemerintah Sudah Lakukan 3 Langkah Atasi Ketimpangan Ekonomi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Darmin Nasution

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Pemerintah melakukan tiga langkah dalam mengatasi ketimpangan ekonomi di dalam negeri yang saat ini terbilang tinggi.

Tiga langkah tersebut adalah kebijakan pemerataan lahan, kebijakan pemerataan kesempatan, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Maka dari tiga pilar besar inilah, kita turunkan kebijakan untuk mendorong perkembangan ekonomi yang berkeadilan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin ‎Nasution, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Darmin menegaskan, diperlukan peranan dari semua pihak agar kebijakan tersebut dapat terlaksana secara efektif dan mencapai tujuan yang diinginkan dalam mengatasi ketimpangan di Tanah Air.

"Tentu ini jauh dari sempurna dan kita masih perlu mengambil pengalaman dari negara lain," kata Darmin.

Menurut Darmin, dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan, pemerintah membuktikan dapat memperbaiki kondisi ekonomi Tanah Air di tengah kelesuan ekonomi global. Salah satunya mendorong ketertinggalan yang cukup jauh dalam pembangunan infrastruktur.

"Sebetulnya sudah lama disadari bahwa infrastruktur merupakan sektor penting. Maka dari itu pemerintah kemudian mengundang investor untuk melakukan investasi di bidang infrastruktur," papar Darmin.

Kata Darmin, Pemerintah juga terus mencoba merumuskan beberapa sektor yang sebetulnya merupakan pondasi ekonomi, yaitu industri manufaktur, pariwisata dan perikanan, serta penerapan kebijakan deregulasi dan debirokratisasi.

"Selain pertumbuhan ekonomi mulai membaik, segala kebijakan yang diambil berimbas positif pada turunnya tingkat kemiskinan, turunnya tingkat pengangguran dan gini ratio yang mulai menurun,” ujar Darmin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini