News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KKP Genjot Kuantitas dan Kualitas Benih Perikanan

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI: Nelayan di Gunung Kidul, tepatnya di pesisir Pantai Baron, panen hasil tangkapan ikan. Per kapal, biasanya mendapatkan ikan lebih dari 50 kilogram per hari.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Target produksi perikanan budidaya ditetapkan terus meningkat setiap tahunnya. Hingga tahun 2019, produksi perikanan budidaya diharapkan mampu mencapai 31,3 juta ton.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menyampaikan, tahun 2017 DJPB menargetkan produksi benih ikan baik laut, payau maupun tawar sebanyak 155 miliar ekor. Benih ikan sebanyak itu guna mendukung target produksi ikan tahun 2017 sebesar 9,4 juta ton dari total target produksi perikanan budidaya 22,79 juta ton (termasuk di dalamnya rumput laut).

“Kedepan adalah benih bermutu yang dihasilkan oleh induk unggul, dikelola oleh instalasi pembenihan yang berkompeten dan terakreditasi,” ujar Slamet, Jumat (22/9/2017).

Slamet memaparkan sinergi, kerjasama, dan kemitraan yang intens sangat dibutuhkanbuntuk mendorong industri perbenihan.

"Bahkan dapat menjadi cikal bakal dari suatu industri perikanan budidaya,” kata Slamet.

Sebelumnya, pada pertemuan Symposium on Disease in Asian Aquaculture ke-10 (DAA10) terungkap induk unggul yang bebas penyakit akan berkontribusi menjamin tingkat keberhasilan budidaya hingga 20 persen lebih tinggi dibandingkan menggunakan benih biasa. Jaminan keberhasilan usaha akan meningkat sampai 95 persen apabila lingkungan usaha budidaya terjaga dari limbah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini