News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menteri Perhubungan Ingin Sabang Jadi Pelabuhan Pemindahan Barang

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Budi Karya Sumadi

TRIBUNNEWS.COM, SABANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai pelabuhan Peti Kemas Sabang atau dikenal sebutan CT3 bisa menjadi pelabuhan pemindahan muatan (transhipment). Seehingga barang dari Sumatera bisa dibawa ke luar negeri melalui pelabuhan ini.

"Kalau bisa jadi pelabuhan transhipment akan menarik, secara teknis bagus dan lokasi strategis," ujar Budi di Festival Sail Sabang 2017, Sabang, Minggu (2/12/2017).

Pelabuhan CT3 merupakan pelabuhan alam dengan kedalaman 20 meter. Hal itu menurut Budi sudah mencukupi syarat jadi pelabuhan transhipment.

"Seingga tidak membutuhkan pembangunan dan perawatan sebagaimana pelabuhan lainnya di Indonesia," jelas Budi Karya.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II menjelaskan jika menjadi pelabuhan transhipment, maka salah satu alternatif pergerakan arus barang dari beberapa daerah di Sumatera. Dalam hal ini pelabuhan Sabang CT3 sudah bisa segera dioperasikan.

"Barang kemudian akan dibawa lagi ke luar negeri dengan kapal yang lebih besar" jelas Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan saat ini sudah ada operator kapal yang berminat menjadikan Pelabuhan CT3 sebagai transhipment.

"Makanya saya datang ke sini untuk melihat langsung pelabuhan ini, sudah ada operator kapal yang berminat dengan pelabuhan sabang ini," kata Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini