News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribun Raih WOW Brand Top 50 di Ajang WOW Brand Festive Day 2018

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gunawan Samiadjie GM Advertising Jakarta Group Of Regional Newspaper Kompas Gramedia menerima penghargaan WOW Brand Top 50 2018 di WOW Brand Festive Day, Kamis (8/3/2018) 2018, di Ballroom Raffles Hotel, Jakarta.

MarkPlus, Inc. dan Marketeers kembali menggelar ajangnya para orang brand, WOW Brand Festive Day, Kamis (8/3/2018) 2018, di Ballroom Raffles Hotel, Jakarta. Tahun ini adalah kali ketiga WOW Brand Festive Day diadakan setelah sukses pada 2016 dan 2017 lalu.

"Tema besar kali ini adalah Brand 4.0: WOW to NOW, The Omni Way! Di zaman now, semua harus serba sekarang. Ketika konsumen merasa WOW! akan sebuah produk atau layanan, dia akan share pengalamannya kepada yang lain saat itu, alias NOW!. Brand harus memanfaatkan momen tersebut dengan mengintegrasikan kanal online dan offline. Itulah yang disebut The Omni Way!," ujar Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya.

WOW Brand Festive Day 2018 sangat spesial karena mendatangkan pembicara dari ESADE Business School, Barcelona, Spanyol, Profesor Salvador Lopez.

Ia membawakan presentasi bertema Rock Your Brand NOW! di panggung sembari sesekali memainkan gitar listriknya. Dengan keunikannya tersebut, Salvador dijuluki juga The Rocker Professor.

Dalam presentasinya, sang profesor menjadikan musik sebagai insight penting ketika brand menjalankan strategi marketing.

"Perusahaan tidak cukup hanya membuat marketing plan, communication plan, sampai strategic plan. Harus ada emotion plan agar pelanggan tersentuh. Musik adalah medium yang bisa membuat seseorang tersentuh secara emosi, dan dari emosi itu terbangunlah customer engagement," ujar pria yang juga akrab dipanggil Salva tersebut.

Hadir juga pembicara lain yang tidak kalah menarik mulai dari President of Marketing Institute of Singapore Roger Wang, Chief Marketing Officer GDP Venture Danny Wirianto, Deputy CEO MarkPlus, Inc. Jacky Mussry, dan Chief Operating Officer MarkPlus, Inc. Iwan Setiawan.

Kesemuanya membawakan tema-tema yang relevan dengan teknologi mulai dari bagaimana mengkombinasikan augmented reality dan virtual reality menjadi strategi marketing powerful, teknologi apa yang akan menjadi tren di masa mendatang sampai bagaimana memanfaatkan media sebagai platform creative branding.

Dan tentu saja yang telah ditunggu-tunggu adalah penghargaan untuk brand dengan nilai rekomendasi atau tingkat advocacytinggi, yaitu Indonesia WOW Brand 2018. Penghargaan ini akan diberikan kepada 300 brand terpilih dari berbagai lintas sektor dan industri di Indonesia.

Dari 300 brand ini juga kemudian akan dibuat peringkat 50 brand dengan nilai rekomendasi tertinggi, atau disebut juga Brand Advocacy Ratio (BAR). Semakin tinggi sebuah BAR atau semakin mendekati angka 1 (satu), brand tersebut akan semakin tinggi peringkatnya dalam WOW Brand Top 50.

Koran Tribun Masuk W0W Brand TOP 50 

Di awal tahun 2018, MarkPlus Insight melakukan riset terhadap sekitar 5.800 reponden di kota-kota besar di Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, sampai Makassar.

Ada sekitar ribuan brand atau merek yang disebut responden. Dari ribuan merek itu, dilakukan pemeringkatan berdasarkan konsep Brand Advocacy Ratio (BAR).

BAR digunakan untuk mengukur seberapa mampu perusahaan mengubah brand awareness menjadi brand advocacy.

Dengan kata lain, berapa banyak orang yang tahu tentang sebuah produk atau merek pada akhirnya merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Semakin tinggi BAR, sembakin bagus reputasi sebuah brand.

Dari pengelompokan tersebut, didapatkan sekitar 300 brand yang paling banyak direkomendasikan oleh pelanggan, yang dikelompokan dalam 97 kategori. Tiga ratus brand pemenang tersebut diumumkan langsung di ajang WOW Brand Festive Day 2018, di mana setiap brand yang namanya muncul dalam daftar akan mendapatkan penghargaan Indonesia WOW Brand 2018.

Dan dari 300 tersebut, akan dikelompokan lagi menjadi 50 brand dengan BAR tertinggi tanpa pengelompokan atau kategori lagi, dan masuk dalam WOW Brand Top 50. Satu diantaranya Surat Kabar Tribun yang mendapatkan Gold Champion dalam WOW Brand Top 50 2018. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini