News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pembobolan Dana Nasabah

Jurus Bank CIMB Niaga dan Mayapada Tangkal Aksi Skimming ATM

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

BAYAR PKB LEWAT ATM - Head of Digital Banking, Branchless and Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk Bambang Karsono Adi (kanan), bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito, dan Sekda Jabar Iwa Karniwa, menyaksikan nasabah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui ATM CIMB Niaga pada peluncuran E-Samsat Jabar - CIMB Niaga, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (14/11/2016). Kehadiran layanan ini akan mempermudah masyarakat Jawa Barat dalam melaksanakan kewajiban membayar PKB tahunan melalui lebih dari 3.700 ATM CIMB Niaga yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua bank swasta yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk dan Bank Mayapada sudah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kejahatan pembobolan dana nasabah melalui penggandaan data kartu (skimming).

Lani Darmawan, Direktur Ritel Bank CIMB Niaga mengatakan pihaknya selalu memantau dan memperbaharui sistem pengamanan di semua mesin ATM, CDM dan EDC dalam maupun luar cabang.

"Termasuk memilih jenis mesin yang sebisa mungkin mempunyai tingkat pengamanan yang tinggi," kata Lani, Rabu (21/3). 

Bank CIMB Niaga juga secara berkelanjutan melakukan edukasi ke nasabah terkait kehati-hatian dalam bertransaksi.

Sementara itu, Haryono Tjahjarijadi, Direktur Utama Bank Mayapada bilang bank telah melakukan kerjasama dengan mal dan pihak keamanan untuk memastikan penggunaan mesin ATM.

Baca: Modus Skimming Gunakan WiFi Pocket Router Plus Kamera Modifikasi

"Memastikan bahwa mesin ATM digunakan untuk kepentingan pengambilan uang tunai dan melakukan transfer uang, namun tidak berlama lama," kata Haryono kepada kontan.co.id, Rabu (21/3).

Bank Mayapada juga selalu melakukan edukasi ke nasabah dan mempercepat penggantian kartu dengan menggunakan teknologi berbasis chip GPN (gerbang pembayaran nasional).

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Ini strategi Bank CIMB Niaga dan Mayapada tingkatkan keamanan ATM

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini