News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PLTA Kracak, Warisan Penjajah Belanda yang Masih Beroperasi

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Power House PLTA Kracak

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat satu di antara Sub Unit Pembangkit dari Saguling POMU yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada 1926 masih beroperasi normal.

PLTA Kracak terdiri dari tiga unit pembangkit berkapasitas total 18,90 MW di mana unit 1 dan 2 dibangun pada 1926 sedangkan unit 3 pada tahun 1958.

Lisrik yang dihasilkan disalurkan melalui Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITT) Kedung Badak dan Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITT) Bunar.

Supervisor Senior Sub Unit PLTA Kracak, Saguling Power Generation and O&M Services Unit Suprapto mengatakan PLTA Kracak yang terletak di dataran tinggi ini mempunyai daya Tarik tersendiri.

Untuk menuju Power House PLTA Kracak petugas Sub Unit PLTA Kracak harus turun menggunakan lori yang diikat dengan tali baja atau dengan menuruni 276 anak tangga untuk sampai di Power House.

“Saat menuruni anak tangga, tamu atau pengunjung akan disuguhkan dengan hijaunya lingkungan sekitar PLTA dan derasnya air sungai Cianten yang menyegarkan mata pengunjung PLTA Kracak.”

"Jadi memang harus jalan kaki untuk sampai ke bawah, tapi bagi kami ini adalah sebuah kehormatan karena dipercaya untuk andil dalam menjaga warisan dunia yang indah ini. bahkan hingga saat ini masih beroperasi dengan baik,” kata Suprapto di Power House PLTA Kracak, Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jumat (18/10/2019).

Baca: Baru Pertama kali Terjadi, Air Laut di Berau Sebabkan PLTU Padam

Diketahui, PT Indonesia Power sebagai anak perusahan PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang pembangkitan listrik dan didirikan pada tanggal 03 Oktober 1995 mempunyai beberapa Unit Pembangkitan di Jawa Barat, salah satunya yaitu Saguling Power Generation and O&M Services Unit atau biasa disingkat Saguling POMU.

Saguling POMU merupakan Unit Pembangkitan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dengan total kapasitas terpasang mencapai 797,36 MW dengan ditopang 7 Sub Unit Pembangkit.

Sedangkan untuk kapasitas Unit PLTA Saguling sendiri berkapasitas 700,72 MW. 7 Sub Unit itu antara lain : Sub Unit PLTA Bengkok dan Dago 3,85 MW ( Kab. Bandung ), Sub Unit PLTA Plengan 6,87 MW ( Kab. Bandung ).

Lalu Sub Unit PLTA Lamajan 19,56 MW ( Kab. Bandung ), Sub Unit PLTA Cikalong 19,20 MW ( Kab. Bandung ), Sub Unit PLTA Ubrug 18,36 MW ( Kab. Sukabumi ), Sub Unit PLTA Karacak 18,90 MW ( Kab. Bogor ), Sub Unit PLTA Parakan Kondang 9,90 MW ( Kab. Sumedang ).

Sebagai salah satu Unit Pembangkitan PT Indonesia Power, Saguling POMU berperan penting dalam sistem kelistrikan Jawa Bali.

Lisrik yang dihasilkan disalurkan melalui Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Saguling dan diinterkonesikan ke system jaringan se Jawa dan Bali melalui Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 KV.

Fungsinya selain sebagai tambahan untuk menyuplai listrik di Jawa Bali juga mengamankan Jawa Bali apabila terjadi gangguan listrik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini