News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif, Kini Jadi Menteri ESDM

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Arifin Tasrif (kanan) beserta isteri di kediaman duta besar RI di Tokyo.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi mengumumkan jajaran kabinet barunya. Di dalam Kabinet Indonesia Maju tersebut, ada sejumlah nama baru yang ditunjuk sebagai Menteri, salah satunya adalah Arifin Tasfir yang dipilih menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya, Arifin pernah mengemban sejumlah jabatan, seperti direktur utama di perusahaan pupuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Jabatan terakhir yang diduduki Arifin sebelum menggantikan Ignatius Jonan sebagai Menteri ESDM ialah Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang.

"Beliau pernah menjadi Dirut di BUMN, kemudian menjadi Dubes di Jepang," ungkap Jokowi saat mengumumkan jajaran kabinetnya pagi tadi, Rabu (23/10/2019). 

Arifin tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis PT Rekayasa Industri dari tahun 1995 hingga 2001. Kemudian menjadi Presiden Direktur PT Petrokimia Gresik mulai 2001 hingga 2010.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Juni 1953 ini selanjutnya menjabat menjadi Direktur Utama di PT Pupuk Indonesia hingga tahun 2015.

Baca: Cerita Lengkap Nyasarnya Bus Sudiro Tungga Jaya di Tepi Jurang Hutan Wonogiri

Selepas dari BUMN, Arifin dipercaya sebagai Dubes Republik Indonesia untuk Jepang sejak tanggal 13 Maret 2017.

Baca: Inilah Susunan Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf

Selama menjadi dubes RI untuk Jepang, Arifin pun terlibat dalam sejumlah kerja sama di bidang energi antara Indonesia dengan Jepang.

Baca: Wiranto, Jonan, Susi dan Amran Sulaiman Terpental, Tak Muncul di Tim Kabinet Indonesia Maju

Salah satu yang terpenting adalah saat penandatanganan Head of Agreement (HoA) pengembangan Blok Masela pada 16 Juni 2019.

Dalam perkenalan jajaran kabinetnya itu, Presiden Jokowi menekankan tugas Arifin sebagai Menteri ESDM, yakni terkait dengan realisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) serta mengurangi impor migas.

Baca: Keluarga Janda di Sragen Hajatan Nikahkan Anaknya, Tak Ada Tetangga yang Datang Hanya Gara-gara Ini

"Saya kira urusan yang berkaitan dengan realisasi EBT, mengurangi impor migas dan lain-lainnya berada di bawah beliau," kata Jokowi.

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Arifin Tasrif, Dubes RI untuk Jepang yang kini menjadi Menteri ESDM

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini