News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Laba Bersih DYAN Rp.10,1 Miliar di Kuartal Ketiga tahun 2019

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Logo event 'IIMS Motobike Expo 2019'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Dyandra Media International Tbk. (Dyandra), perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 25 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) mencatatkan laba bersih di kuartal ketiga tahun 2019 adalah sebesar Rp. 10,1 Miliar.

Pendapatan perusahaan di kuartal ketiga tercatat sebesar Rp. 637,4M atau menurun sebanyak 5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu senilai Rp. 674M.

Salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya pendapatan adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal III-2019 sebesar 5,02% secara tahunan (yoy).

Sementara, bila dibanding kuartal sebelumnya, ekonomi tumbuh 3,06% (q to q). Selain itu, tahun ini merupakan tahun pemilu, sehingga beberapa event yang semula dijadwalkan di awal tahun mengalami penundaan sampai dengan semester 2, bahkan ada beberapa yang diundur hingga tahun depan.

Kinerja DYAN di kuartal keempat akan kembali digenjot, dengan harapan pendapatan di akhir tahun dapat terdongkrak kembali. Kontribusi pendapatan DYAN terbesar yaitu sebanyak 64% disumbang oleh Bisnis Event/ Exhibition Organizer.

DYAN juga melakukan ekspansi bisnis di tahun ini melalui pendirian perusahaan baru, yaitu PT. Mavic Dyandra Internasional yang diharapkan dapat mengakomodir permintaan pasar, khususnya di industri MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition).

Maryamto Sunu selaku Direktur PT Dyandra Media International, Tbk. menyampaikan bahwa DYAN mendorong semua unit bisnis untuk terus melakukan strategi initiatif yang dapat menggerakan pasar industri MICE.

Selain itu, perseroan juga berharap dengan hadirnya deretan nama baru di Kabinet Indonesia Maju, salah satunya Bapak Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dapat membawa industri MICE ke level yang lebih tinggi lagi.

Salah satunya yaitu dengan mendukung dan menyelenggarakan event baik nasional dan internasional sebagai salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.

Sinergi Kompas Gramedia dan DYAN

DYAN sebagai bagian dari Kompas Gramedia (KG) juga terus melakukan strategy initiatives allignment yang dilakukan di semua unit bisnis melalui kerjasama dua arah dengan pilar yang ada di Kompas Gramedia. Kerjasama yang berkesinambungan terus dilakukan dengan Group of Media, Group of Manufacture, Group of Retail & Publishing (Gramedia Bookstore), Universitas Multimedia Nusantara, Group of Property, Group of Hotel & Resorts dan KG Logistics. Diharapkan konsolidasi ini dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang.

Strategi lain dari unit bisnis DYAN termasuk menyelenggarakan beberapa event baru di semester 2 ini seperti Blackmarket week (pameran kopi) yang merupakan pre-event dari pameran kopi yang akan kami selenggarakan tahun depan dengan skala yang lebih besar di ICE, Bumi Serpong Damai, Indonesia Fintech Summit & Expo 2019, Indonesia Science Expo 2019, IIMS Motobike Expo, serta konser musik Korea : TVXQ! (31 Agustus 2019) dan EXO Planet#5 (23 November 2019) di ICE, Bumi Serpong Damai. Sedangkan dari sisi bisnis dan human capital development, kami mengembangkan : “Dyandra Academy”, program course singkat di bidang MICE, serta pengembangan dua direktorat baru : Brand Activation dan Convention Organizer.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini