News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Erick Thohir Lantik Lima Pejabat Eselon I dalam Dua Pekan

Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri BUMN Erick Thohir

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melantik lima pejabat eselon I di kementeriannya dalam kurun waktu dua pekan.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, Erick Thohir akan mengangkat tiga orang untuk mengisi posisi deputi, satu posisi sekretaris menteri dan satu posisi inspektorat jenderal.

"Dalam waktu dua minggu ada tiga eselon 1 (di posisi deputi), satu sesmen, satu irjen," kata Arya di Kementerian BUMN, Selasa (19/11/2019).

Langkah ini dilakukan setelah Erick Thohir merombak seluruh pejabat eselon I di kementeriannya, melipito enam deputi dan satu sekretaris menteri pada Senin (18/11/2019) kemarin. Enam pejabat telah mendapat Surat Keputusan (SK) mengenai pemberhentian mereka, sementara sisanya menyusul.

Mengenai pemangkasan posisi deputi dari empat menjadi tiga posisi, Arya menjelaskan hal itu guna menyederhakan struktur birokrasi sesuai arahan presiden Joko Widodo. Apalagi, saat ini kementerian BUMN menambah komposisi dua wakil menteri.

Dia menjelaskan, nantinya para wakil menteri akan fokus membenahi urusan bisnis di BUMN, sementara para deputi fokus di urusan administrasi.

"Kan saya sudah bilang ada wamen, wamen akan berhubungan semua bisnis, jadi kedua wamen akan menangani ini. Wamen lebih banyak mengurusi bisnis, deputi mengurusi administrasi," jelasnya.

Sementara terkait sejumlah deputi yang diberhentikan, Arya membenarkan mereka akan ditempatkan di sejumlah perusahaan pelat merah. 

Baca: Jumlah Deputi Menteri BUMN Kini Dipangkas Jadi Tiga Posisi

Para bekas deputi tersebut dikabarkan sudah mendapatkan pos jabatan baru. 

Mantan Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Wahyu Kuncoro akan menempati posisi Wadirut di PT Pegadaian (Persero). Kemudian, Deputi Infrastruktur Bidang Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal akan dialokasikan pada posisi Wadirut PT Pelindo II (Persero).

Baca: Eselon I Kementerian BUMN Dirombak, Said Didu: Langkah yang Tidak Biasa

Sedangkan Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah, akan ditempatkan sebagai Wadirut PT Angkasa Pura II (Persero).

Selanjutnya, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno akan menjabat Dirut PT Barata Indonesia (Persero). Sedangkan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kik Ro akan menempati posisi Dirut PT Danareksa (Persero).

Meski begitu, Arya belum menjelaskan lebih rinci mengenai informasi tersebut karena masih menunggu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) masing-masing BUMN.

"Banyak yang memang punya pengalaman di bidang bisnis sebelumnya di korporasi. Sudah lama ya sekarang refresh lagi kembali ke korporasi," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini