News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TOTO Ubah Strategi, Garap Ceruk Pasar Menengah ke Bawah

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Produsen keramik sanitary di Indonesia yang memiliki afiliasi jaringan internasional, PT Surya Toto Indonesia merubah strategi bisnisnya dengan menyasar ceruk pasar menengah ke bawah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produsen keramik sanitary di Indonesia yang memiliki afiliasi jaringan internasional, PT Surya Toto Indonesia merubah strategi bisnisnya dengan menyasar ceruk pasar menengah ke bawah.

Data yang didapatkan, produk segmen bawah TOTO banyak diserap oleh daerah Indonesia yang belum terjamah produk sanitary.

Perusahaan juga menambah penjualan ekspornya ke negara Tiongkok, Amerika, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan negara-negara Timur Tengah.

Hal ini dilakukan seiring dengan program pemerintah Indonesia yang tengah menggalakan program ekspor guna menekan defisit neraca perdagangan.

Tercatat di semester I-2019, penjualan ekspor TOTO justru naik 3,13 persen menjadi Rp245,46 miliar, sementara penjualan domestiknya menurun 18,05 persen (y-o-y) menjadi Rp744,27 miliar.

Baca: Satu Keluarga di Uni Emirat Arab Positif Terinfeksi Virus Corona, Kasus Pertama di Timur Tengah

Baca: BNPT Sebut Indonesia Urutan ke 35 dari 138 Negara Terdampak Terorisme

Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia (TOTO) Hanafi Admadiredja, mengatakan, pasar ekspor memang sangat menjanjikan. namun, kami akui bahwa pasar dalam negeri hingga saat ini masih menjadi penopang penjualan. 

"Jika dilihat dari komposisinya, memang ekspor masih 20 persen dari total produksi," katanya dalam keterangan pers, Minggu (2/2/2020).

 Ditambahkan Hanafi, Amerika Serikat (AS), Jepang, dan China masih menjadi negara tujuan utama ekspor produk TOTO, beberapa negara lainnya juga memiliki pasar yang cukup potensial antara lain, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan negara-negara Timur Tengah. 

Walaupun masih ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi untuk ekspor, antara lain, masih lesunya ekonomi global dan perang dagang antara AS dan China yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

 “Tak hanya di luar negeri, pasar dalam negeri yang belum ada perkembangan positif hingga saat ini, juga menjadi tantangan tersendiri untuk pertumbuhan bisnis perusahaan," katanya.

Untuk menghadapi penurunan penjualan dalam negeri, kami juga menyasar segmen menengah ke bawah. 

Dengan strategi ini, diharapkan dapat mendorong produk-produk TOTO lebih cepat terserap ke pasar. 

Produk segmen bawah banyak kami jual ke daerah-daerah di Indonesia yang belum terjamah produk sanitary.

Baca: Pasca Membunuh Qaseem Soleimani, Amerika Tak Bisa Nyaman Lagi di Timur Tengah

Baca: 87 TKW Ilegal asal NTB Batal Diterbangkan ke Timur Tengah

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini