News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Persaingan Makin Ketat, BGR Logistics Diferensiasi Layanan Lewat Inovasi Digital

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirut BGR Logistics M Kuncoro Wibowo di ajang iCIO Awards 2020.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persaingan di bisnis logistik saat ini semakin ketat dengan makin banyaknya pemain baru yang masuk di bisnis ini.

Pemain lama di bisnis ini harus bisa survive agar tetap bisa merebut pasar.

Seperti dilakukan BGR Logistics. Perusahaan pelat merah ini menempuh diferensiasi layanan logistik dengan mengimplementasikan inovasi digital di hampir semua lini bisnisnya.

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo menjelaskan, mengantisipasi persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, BGR Logistics memposisikan diri sebagai Digital Logistics Company, seiring dengan inovasi digital yang dilakukan untuk memperkuat bisnis.

Inovasi digital tersebut menurut Kuncoro antara lain diterapkannya sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem manajemen armada yang disebut Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).
 

Baca: Virus Corona Bikin Kekayaan Banyak Miliuner Indonesia Rontok Sekejap, Siapa Saja?

Kuncoro mengungkapan saat ini ada peluang bagus bisnis logistik di pasar retail. Untuk menggarap segmen bisnis ini, BGR Logisttics sudah membuat sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access.

Baca: KBRI Singapura: Lima WNI Positif Terinfeksi Virus Corona

"Aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun yang sudah tidak digunakan," ungkap Kuncoro, Kamis 12 Maret 2020.
 
Dia menjelaskan, aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas.

"Proses logistik yang terjadi kita menyebutnya sebagai reverse logistics,” terang Kuncoro.

 
Platform BGR Access ini juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam proses logistik dalam hal kedaulatan pangan.

Dia menyatakan, kolaborasi dengan stakeholder terkait dan BUMN di cluster pangan juga tengah dijajaki.
 
Atas semua inovasi digital yang dilakukannya ini, Kuncoro Wibowo, mendapatkan penghargaan sebagai The Most Inspiring  CEO dalam ajang iCIO Award 2020.

Penghargaan diterima berdasarkan atas sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukan selama memimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak sebagai penyedia jasa logistik tersebut.
 
Penghargaan tersebut merupakan pengakuan stakeholder atas transformasi digital yang dilakukan BGR Logistics.

“Semoga kami terus mendapatkan dukungan untuk inovasi digital di industri logistik ini, dan juga untuk aplikasi BGR Access yang akan bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat,” ujar Kuncoro.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini