News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Luhut: UMKM Topang Perekonomian Indonesia Selama Pandemi Corona

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Pelaku usaha UMKM bidang konveksi binaan Pertamina.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) punya peran  penting mendukung perekonomian Indonesia di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

Pernyataan tersebut ia sampaikan dalam postingan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, pada Rabu (6/5/2020) kemarin, terkait diskusinya dengan 180 pengusaha.

Dia mendorong agar para pelaku bisnis e-commerce turut menggandeng UMKM sebagai bagian dari upaya mengatasi dampak pandemi corona terhadap sektor usaha kecil.

Baca: DPR Bingung, Kemenhub Buka Kembali Layanan Transportasi, Padahal Kasus Corona Masih Tinggi

"Banyak hal yang kami diskusikan bersama (Selasa) malam kemarin, salah satunya adalah terkait peluang UMKM di tengah pandemi Covid-19," kata Luhut.

Menurutnya, perekonomian Indonesia selama ini turut ditopang oleh sektor UMKM karena tingginya konsumsi domestik.

Baca: Viral Video ABK Asal Indonesia Bekerja di Kapal Ikan China, Meninggal Jenazahnya Dibuang ke Laut

"Jadi, peran UMKM sangat penting bagi keberlangsungan perekonomian Indonesia di masa pandemi. Untuk itu saya mengusulkan kepada para pengusaha e-commerce ini agar UMKM harus terkoneksi dengan e-commerce," jelas Luhut.

Sinergi antara pengusaha e-commerce dengan pelaku UMKM tentunya akan kembali 'menghidupkan' denyut ekonomi Indonesia yang selama ini banyak ditopang sektor ini.

"Sehingga nantinya UMKM kecil bisa mendaftar di platform e-commerce dan kemudian bisnis mereka bisa langsung berjalan," tegas Luhut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini