News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bangkok Bank Akuisisi 89,12 Persen Saham Bank Permata Senilai Rp 33,66 Triliun

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bangkok Bank Plc resmi mengakuisisi mayoritas saham PT Bank Permata Tbk dengan membeli 89,12% kepemilikan saham PT Astra International Tbk dan Standard Chartered PLC di Bank Permata.

Rils yang dierima Tribunnews menyebutkan, transaksi dituntaskan pada Rabu (20/5/2020) dengan kesepakatan valuasi sebesar 1,63 kali lipat dari nilai buku Permata per tanggal 31 Maret 2020, atau sekitar Rp 33,66 triliun (US$ 2.282 juta, Baht 73.722 juta).

Akuisisi Permata dengan aset sebesar Rp 167,39 triliun memiliki 3,75 juta nasabah dan 312 cabang di Indonesiamenjadi investasi paling signifikan untuk Bangkok Bank.

Selanjutnya, Bangkok Bank akan mengajukan permohonan kepada regulator keuangan Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk meminta persetujuan melakukan penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk sisa 10,88% saham Permata.

Cabang-cabang Bangkok Bank di Indonesia akan digabungkan dengan Permata di masa yang akan datang.

Baca: Astra Financial Restrukturisasi Cicilan 792.000 Nasabah Senilai Hampir Rp 22 Triliun

Menurut Presiden Bangkok Bank Mr. Chartsiri Sophonpanich, akuisisi Permata oleh Bangkok Bank adalah langkah strategis untuk pertumbuhan bank tersebut.

Baca: Ada PSBB Warga Berjubel di Pasar, Wali Kota Bogor Bima Arya: Marah Iya, Kesel Iya. . .

“Permata akan mengokohkan pijakan Bangkok Bank di dua perekonomian terbesar Asia Tenggara, memperkuat posisi kami sebagai bank ASEAN terkemuka. Kami akan mendukung Permata untuk mengembangkan bisnis ritel, usaha kecil dan menengah (UKM), serta korporasi," ujarnya.

Baca: Cerita Haru Perjuangan Dokter Tangani Pasien Covid-19, Minim Tenaga Medis, Kerja Tanpa Libur

Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengatakan, Astra menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam penyelesaian transaksi Permata.

"Kami melihat sektor jasa keuangan di Indonesia tetap positif dan akan melanjutkan fokus pada pertumbuhan bisnis keuangan ritel kami," ujar Prijono.

Pihaknya berharap Bangkok Bank dan Permata dapat terus meraih kesuksesan dan dapat melanjutkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara Grup Astra dan Permata,” ujarnya.

Bangkok Bank membuka cabang pertamanya di Jakarta pada tahun 1968.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini