News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BRI: Bisnis Ikan dan Tanaman Hias Melonjak Selama Pandemi

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Pengunjung saat memadati pasar ikan hias yang buka setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu di kawasan Parung, Jawa Barat, Senin (27/7/2020). Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menyatakan, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih memiliki rasa optimisme di tengah pandemi corona atau Covid-19.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengatakan, optimisme para pelaku UMKM sejauh ini tidak pernah luntur dalam berusaha, berdasarkan pengamatannya di lapangan.

"Kemarin, saya ke pasar ikan di Sawangan, kemudian saya ke Ciseeng, tidak terjadi apa-apa masyarakat di sekitar situ. Saya tanya, sehat semua, tidak ada terkena (Covid-19)" ujarnya saat konferensi pers virtual peluncuran Pesta Rakyat Simpedes (PRS), Jumat (11/9/2020).

Optimisme juga muncul karena beberapa kegiatan usahanya hampir tidak terpengaruh sama sekali dengan pandemi Covid-19 karena memanfaatkan fenomena orang-orang lebih banyak di rumah.

Baca: Karena Pandemi, Pesta Rakyat Simpedes BRI Kali Ini Dihelat Virtual

"Orang banyak di rumah, kalau hiburan-hiburannya ikan hias, ikan cupang. Kemudian, juga daster itu bagus, yang jualan daster dari para pelaku UMKM omzetnya naik 150 persen karena ibu-ibu banyak di rumah pakai daster," kata Supari.

Selain itu dia menambahkan, bisnis tanaman hias juga naik daun saat pandemi Covid-19 untuk menghiasi rumah karena lebih sering ditinggali.

"Lalu, juga bisnis tanaman hias bagus ya, mengisi ruang-ruang kosong saat masyarakat ada di rumah, banyak di rumah. Mungkin supaya terhibur, memberikan optimisme kira-kira seperti itu," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini