News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketersediaan Vaksin dan Optimisme Berakhirnya Resesi Ekonomi pada 2021

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi vaksin Moderna - Gambar kreatif ini diambil di sebuah studio di Paris pada 16 November 2020, menunjukkan jarum suntik dan botol vaksin dengan logo Moderna, menggambarkan pengumuman vaksin eksperimental terhadap Covid-19 dari Moderna yang 95% efektif

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengusaha, Sandiaga Uno punya analisis terkait kondisi ekonomi global dan nasional pada tahun depan.

Sandiaga menyebut sejumlah faktor yang membuat dirinya optimistis perekonomian dunia khususnya Indonesia bergerak ke arah positif pada tahun 2021.

Baca juga: Perbandingan Vaksin Covid-19 dari Moderna, Pfizer, dan AstraZeneca/Oxford, Mana yang Paling Baik?

Satu di antara faktor itu antara lain akan ada ketersediaan vaksin yang akan dimanfaatkan mengantisipasi penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

"Saya menilai perkembangan ekonomi pada tahun 2021 akan sangat menarik. Saya optimistis perkembangan ekonomi akan meningkat. Tentunya akan mendatangkan investasi," kata dia, dalam sesi diskusi yang digelar UOB Kayhian, Sandilogi serta Aden & Co pada Rabu (25/11/2020).

Selama tahun 2020, pertumbuhan ekonomi dunia melambat karena ada Covid-19. Indonesia juga termasuk negara yang terdampak.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia pada triwulan III-2020 mengalami kontraksi 3,49 persen.

Baca juga: Sandiaga Uno Resmikan Restoran Pertama Indonesia di Kairo, Ciptakan Lapangan Kerja Seluas-luasnya

Sebelumnya, BPS juga mencatat terjadi kontraksi dalam perekonomian Indonesia pada triwulan II-2020 tumbuh minus 5,32 persen.

Namun, dia optimistis melihat ketersediaan vaksin untuk mencegah Covid-19.

Sehingga, harapannya ekonomi akan tumbuh positif pada 2021.

Baca juga: Cari Peluang Perdagangan, Sandiaga Uno Kunjungi Mesir, Buka Lapangan Kerja Seluas-luasnya

"Ketersediaan vaksin, berita yang sudah kami tunggu. Pasar global memandang positif ketersediaan vaksin. Pertumbuhan ekonomi akan meningkat dan berdampak dari vaksin ini," kata dia.

Bagi perusahaan, adanya Covid-19 merupakan tantangan bagaimana menghadapi virus tersebut untuk menjadi pemenang.

"Perusahaan harus mempunyai strategi memenangkan melawan covid. Saya optimis melihat ekonomi Indonesia pada tahun depan," tambahnya.


Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Sandiaga Uno Optimis Resesi Berakhir Tahun 2021, Ekonomi Tumbuh dan Terbuka Lapangan Kerja

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini