News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kerjasama dengan GAPMMI, Kemenperin Ingin Industri Makanan Terus Berinovasi

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Produk UMKM dalam bentuk Frozen food yang dijual Tukoni

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang masih terjadi membuat pola konsumsi masyarakat berubah.

Yang tadinya terbiasa membeli makanan dan langsung mengkonsumsinya di tempat, sekarang harus dibungkus dan menikmatinya di rumah.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Abdul Rochim menuturkan bahwa adanya perubahan pada pola konsumsi tersebut, juga menuntut sektor industri makanan dan minuman untuk lebih aktif dalam pengembangan inovasi.

"Sektor yang paling dekat dengan masyarakat ini memang sudah seharusnya memanfaatkan teknologi guna memudahkan konsumennya," kata Rochim melalui keterangan resmi, Selasa (19/1/2021).

Bidang produksi perlu diperkenalkan dengan teknologi pangan olahan dan diversifikasi produk seperti frozen food dan teknologi pengemasan lain.

Baca juga: Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Awet dan Tetap Segar, Gunakan Pengemasan Kedap Udara

Cara ini untuk membuat produk-produk lebih awet dan mudah dikirim, agar bisa diolah lebih mudah di rumah.

"Selain itu, diversifikasi juga dapat dilakukan dengan memperkenalkan functional food yang menyasar kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan asupan gizi," jelas Rochim.
 
Saat ini, Kemenperin telah menjalin kerja sama dengan Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) untuk menyusun buku Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Industri Pangan.

"Buku ini diharapkan menjadi panduan bagi industri pangan dalam melaksanakan aktivitas produksi di era pandemi saat ini," terangnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini