News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pertamina Disarankan Gandeng Komunitas untuk Genjot Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktiivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menyarankan kepada PT Pertamina (Persero) menggandeng komunitas motor dan mobil dalam menggencarkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan.

"Pertamina perlu gandeng komunitas yang anggotanya banyak, kemudian pecinta otomotif, agar Program Langit Biru bisa berjalan maksimal," ucap Mamit saat dihubungi, Jumat (20/2/2021).

Menurutnya, Program Langit Biru yang mengajak masyarakat menggunakan BBM RON 90 ke atas, seperti Pertalite dan Pertamax, akan berdampak terhadap lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

"BBM RON tinggi itu akan menghasilkan pembakaran yang sempurna dan gas buangnya pun jadi lebih baik. Jadi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca," ujar Mamit.

Baca juga: Pengamat: BBM Euro 4 Bisa Turunkan Polusi Udara di Perkotaaan

Oleh sebab itu, Mamit meminta Pertamina untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar beralih ke BBM yang memiliki kadar oktan tinggi.

"Bagaimanapun kita sudah saatnya memasuki BBM RON lebih tinggi, karena lebih bagus dari sisi mesin, maupun lingkungan. Sehingga masyarakay kita lebih hemat, dan udara lebih bagus karena pembakaran sempurna," paparnya.

Baca juga: Pertamina Sebut Program Langit Biru Diterima Baik Masyarakat

Mamit pun meminta Program Langit Biru diperluas ke daerah maupun kota lainnya, dengan memberikan promo menarik ke masyatakat.

"Program yang dijalankan sekarang itu Pertalite seharga Premium. Ini perlu digalakkan, dan dilanjutkan," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini