News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2021

BUMN Ini Impor 420 Ton Lebih Daging Sapi Asal Brasil

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pedagang daging sapi di Pasar Tradisional Ciputat, Tangerang Selatan

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Berdikari (Persero) mendatangkan secara bertahap daging sapi beku asal Brasil untuk cukupi kebutuhan bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Tahap pertama ini Berdikari akan mendatangkan 420 ton daging sapi beku asal Brasil sebelum hari raya Idul fitri .

Kedatangan perdana daging sapi Brasil pada Sabtu (1/5/2021) di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, disaksikan langsung oleh Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Harry Warganegara dan Direktur Operasional, Muhammad Hasyim.

Baca juga: Pengamat: Impor Baja Murah Ancam Industri Dalam Negeri

Harry mengatakan, kedatangan ini merupakan realisasi penugasan total sebanyak 20.000 ton daging asal Brasil dari pemerintah guna mencukupi kebutuhan daging nasional di 2021.

Dirinya kembali melanjutkan, kedatangan daging Brasil ini dilakukan tak lepas dari upaya menjaga stabilitas harga daging dalam negeri.

Baca juga: Jokowi: Kita Tidak Perlu Impor Beras Tapi Hitung-hitungannya Harus Pasti

Tak hanya itu, pengadaan daging ini juga bertujuan agar harga dan ketersediaannya menghadapi menghadapi hari-hari besar terutama pada bulan puasa dan lebaran.

"Kami akan datangkan daging secara bertahap, dimana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama puasa dan menjelang lebaran," jelas Harry dalam keterangannya, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Legislator PKS: Industri Pertahanan Dalam Negeri Tidak Kalah dengan Produk Impor

Sebagai informasi, sebelumnya pada tahun 2020, PT Berdikari (Persero) berhasil merealisasikan penugasan impor daging sebanyak 24.444 ton daging kerbau India dan 1.923 ton daging sapi Brasil.

Melonjaknya harga daging sapi global khususnya di Amerika Serikat & Australia yang dikenal sebagai negara pemasok, menyebabkan beberapa negara beralih ke daging sapi Brasil.

"Berdasarkan statistik kebutuhan akan daging di Indonesia meningkat pada saat hari-hari besar keagamaan khususnya pada saat bulan Ramadhan dan Lebaran," ucap Harry.

"Untuk itu kami berusaha memaksimalkan penugasan impor yang diberikan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini