News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pertamina Gandeng Perusahaan Aljazair, Kerjasama Hulu Hingga Hilir Migas

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan sambutan melalui daring dalam acara Pertamina Investor Day 2021 bertema Energizing Sustainable Growth, pada rabu (23/6) di Kantor Pusat Pertamina.

Laporan Wartawan Tribunnews, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertamina dan Perusahaan minyak asal Aljazair yakni Sonatrach, menjalin kerja sama dari hulu hingga hilir.

MoU ini akan mencakup beberapa potensi kolaborasi. Pertama, eksplorasi dan produksi di Aljazair dan negara lain. 

Kedua, evaluasi pasokan Smooth Fluid Pertamina (SF-05) sebagai fluida pemboran di operasi hulu Sonatrach.

Ketiga, evaluasi supply dan shipping minyak mentah serta LPG dari Sonatrach ke Pertamina. Dan keempat, potensi kerja sama lainnya dalam bisnis hilir di Aljazair dan jasa minyak juga gas.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan di tengah krisis pandemi Covid-19 perusahaan minyak nasional seperti Sonatrach dan Pertamina harus tetap tangguh dalam memenuhi kebutuhan nasional.

Baca juga: Presiden Pertamina Mandalika SAG Team: Bo Bendsneyder Punya Mental Bersaing

“MoU tersebut juga mencakup potensi kerja sama di bidang energi terbarukan, khususnya solar photovoltaic, serta kegiatan penelitian dan pengembangan,” ujar Nicke dalam keterangannya, Selasa (29/6/2021).

“Ke depan, saya sangat berharap kedua tim kerja kita dapat menindaklanjuti kesepakatan ini dengan diskusi atau lokakarya bersama dan menghasilkan kemajuan yang nyata,” ujarnya.

Nicke berharap Sonatrach memberikan dukungan untuk program dan rencana perluasan operasi Pertamina di Aljazair untuk tahun-tahun mendatang.

“Saya sangat yakin bahwa nota kesepahaman yang kita tandatangani akan menjadi pintu untuk mencapai tujuan kita, dan memperkuat hubungan antara dua perusahaan,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Direktur Utama Sonatrach Hakkar Toufik mengatakan penandatanganan ini merupakan hubungan kerja sama yang baik.

Sebab di dalamnya terdapat peluang investasi baru bagi kedua belah pihak. Sehingga ia berharap dengan MoU ini bisa memperkuat dua perusahaan.

“Saya ingin memperkuat hubungan kerja sama dengan Pertamina melalui peluang investasi baru dalam bidang minyak dan gas di Algeria. Kami akan memulai diskusi dengan Pertamina untuk berbagi pengalaman-pengalaman dan memiliki pemahaman yang sejalan dalam isu ini, serta mencari solusi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini