News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eksplorasi Pertamina Temukan Cadangan Migas di Wilayah Jambi

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Pengeboran minyak lepas pantai

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertamina melalui unit usaha Subholding Upstream, berhasil menemukan cadangan minyak dan gas di wilayah Jambi.

Temuan tersebut tepatnya terletak di Sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan, Jaffee Arizon Suardin mengatakan, melalui pekerjaan uji kandungan lapisan atau Drill Stem Test (DST) pertama, berhasil ditemukan sumber daya minyak dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (BOPD) dan gas 0.18 juta standar kaki kubik per hari (Million Standard Cubic Feet per Day/MMSCFD).

Baca juga: BPH Migas Tugaskan PT Pertamina Patra Niaga dan PT AKR Corporindo Tbk Salurkan Solar 15,1 Juta KL

Selanjutnya, ucap Jaffee, direncanakan segera dilakukan uji kandungan lapisan tahap kedua.

Sebagai informasi, PT Pertamina Hulu Rokan merupakan unit Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina.

“Seluruh upaya ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan cadangan dan produksi migas di Sumatera dan mendukung pencapaian target produksi migas nasional,” ujar Jaffee dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Baca juga: BPH Migas Resmikan 7 Penyalur BBM Satu Harga di NTT dan NTB

Jaffee kembali mengungkapkan, pengeboran sumur SGET-001 dilaksanakan dengan memperhatikan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) dan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat.

“Mudah-mudahan keberhasilan ini menjadi pemantik semangat bagi para pekerja di Regional Sumatera untuk terus berupaya menemukan cadangan-cadangan migas baru,” pungkas Jaffee.

Sebelumnya di Regional Kalimantan, Pertamina melalui unit Pertamina Hulu Mahakam berhasil menemukan gas bumi di sumur eksplorasi Manpatu-1X di lepas pantai Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dalam keterangan yang sama, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang turut andil dalam upaya menemukan cadangan-cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Baca juga: Berhasil Lewati Target di Tahun 2021, BPH Migas Kawal Pelaksanaan Program Penyalur BBM Satu Harga

“Hal ini tentu juga menjadi langkah dan bentuk usaha untuk mewujudkan cita-cita bersama,” ujar Anggono.

Ia juga menambahkan bahwa capaian ini dapat menjadi motivasi yang ke depan akan mendorong semangat semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat setempat, untuk mendukung industri hulu migas dalam mencari cadangan migas secara lebih agresif ke depannya.

“Kita wajib optimis bahwa tujuan bersama akan dapat diwujudkan, penemuan ini harus dapat membangkitkan semangat kita bersama, karena kemajuan industri hulu migas juga kemajuan kita semua,” pungkas Anggono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini