News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2022

Kemenhub Buka Pendaftaran Program Mudik Gratis Pekan Depan, Kapasitas Angkut 10.500 Orang

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menghadirkan program angkutan mudik lebaran 2022 gratis untuk masyarakat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, program angkutan mudik gratis ini diharapkan dapat menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik lebaran.

“Tahun ini kami hadirkan mudik gratis dengan anggaran Rp 10 miliar. Anggaran ini terbatas dan lebih kecil dari tahun 2019 yang mencapai Rp 38 miliar, jadi masih terbatas untuk tujuan dan fasilitasnya,” ucap Budi Setiyadi, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: KSP Minta Masyarakat Waspada Penularan Covid-19 Saat Mudik 

Ia juga mengungkapkan, pendaftaran untuk mudik gratis ini sudah bisa dilakukan pada pekan depan. Kapasitas angkutan mudik gratis ini sebanyak 10.500 orang.

“Kemudian untuk jumlah armada yang akan dikerahkan yaitu 350 bus untuk mengangkut penumpang dan 34 unit truk untuk mengangkut sepeda motor,” ucap Budi Setiyadi.

Baca juga: Permintaan Booster Meningkat Jelang Mudik, Sehari Bisa Capai 700 Ribu Suntikan Vaksin Covid-19

Kemudian, untuk tujuannya mengarah ke Jawa Barat yaitu Tasikmalaya, Garut dan Cirebon. Mudik gratis ini juga menuju Jawa Tengah yaitu Tegal, Semarang, Kudus dan Wonogiri.

Menurut Budi Setiyadi, program mudik gratis ini akan dimulai pada akhir April 2022. Pendaftaran mudik gratis ini juga bisa dilakukan secara online.

“Masyarakat yang ingin mendaftar mudik gratis bisa mendatangi lima lokasi registrasi yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok,” kata Budi.

Syarat mengikuti program mudik gratis ini, calon pemudik diwajibkan telah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan 2 atau booster.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini