News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Akibat Isu Ekonomi Global, Laba Operasional Hankook Turun 32,2 Persen di Kuartal I-2022

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PABRIK TERBESAR - Pabrik Geumsan, pabrik ban milik Hankook Tire yang berlokasi di bagian utara Kota Pusan, Korea Selatan diklaim sebagai pabrik ban terbesar di dunia dari sisi volume. (Tribunnews.com/M Ismunadi)

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Perusahaan ban yang berasal dari Korea Selatan Hankook Tire mengumumkan hasil keuangan perusahaan pada kuartal I-2022 dengan penjualan secara global mencapai 1.790,6 miliar Korea Won atau naik sekitar 10,8 persen Year on Year (YoY).

Meski penjualan meningkat, sayangnya laba operasional perusahaan justru turun sebanyak 32,2 persen menjadi sekitar 126,0 miliar Korea Won.

Penurunan laba operasional perusahaan akibat tantangan ekonomi global yang tidak menentu pada kuartal pertama tahun 2022.

Baca juga: Pasar SUV Meningkat, Penjualan Ban Hankook Seri Laufenn Naik 10 Persen di Kuartal I-2022

Sebagian besar penurunan laba tersebut disebabkan oleh gangguan rantai pasokan dunia yang masih berlanjut, kenaikan harga bahan baku, lonjakan kasus Covid-19 dan masalah geopolitik.

Secara khusus, penjualan dominan terdapat di segmen produk ban mobil penumpang high-inch (ukuran ± 18 inci) yang menyumbang 39,0 persen dari seluruh penjualan dengan kenaikan 1,3 perse  secara YoY.

Adapun secara regional, Korea, China dan Eropa memiliki pertumbuhan penjualan yang signifikan.

Pangsa pasar ban high-inch untuk mobil penumpang di China sebanyak 49,1 persen, persentase ini naik 8,6 persen secara YoY, sedangkan pasar Korea dan Eropa masing-masing meningkat 2,3 persen dan 0,9 persen YoY.

Sementara itu, pasar USA menunjukkan pemulihan yang stabil pada kuartal pertama dengan lonjakan penjualan ban pengganti (replacement tire) melampaui permintaan pasar.

Di sisi lain, perusahaan ban asal Korea Selatan ini terus memperluas portofolionya dengan menyediakan ban original equipment (OE) kendaraan komersial khusus untuk beberapa model andalan dan kendaraan listrik dari produsen mobil premium.

Baca juga: Hankook Tire Bukukan Penjualan Rp 85,46 Triliun di 2021

Pada semester pertama ini, perusahaan mulai memasok ban OE untuk BMW i4, yaitu Gran Coupé bertenaga listrik dengan empat pintu, serta sedan kelas mewah Mercedes Benz S-Class.

Selain itu, Hankook telah memperkenalkan iON (diucapkan sebagai /ai'on/) sebagai varian ban pertamanya yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik premium berperforma tinggi.

Produk iON akan tersedia dalam tiga desain saat peluncuran pasar (ukuran 18 dan 22 inci) di Eropa mulai Mei 2022 sebagai ban musim panas yakni Hankook Ventus iON S.

Selanjutnya pada September 2022 untuk ban musim dingin sebagai Hankook Winter i*cept iON. Ban Hankook Ventus iON A akan tersedia sebagai versi sepanjang musim untuk pasar Amerika Utara.

Baca juga: Bisnis Logistik Terus Tumbuh, Hankook Siapkan Produk Ban Khusus

Tahun ini Hankook Tire menargetkan pertumbuhan dobel digit dan peningkatan porsi penjualan ban high-inch sebanyak 42 persen dari total penjualan ban mobil penumpang.

Hankook akan mempertajam fokusnya untuk menguasai segmen ban kendaraan listrik, memperkuat kemitraan dengan produsen mobil terkemuka, serta memperluas saluran distribusi dan penjualan regional.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini